Pengadilan Negeri Denpasar Vonis Bersalah Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan

Kantor Pusat DJP Kini Bernama Gedung Mar'ie Muhammad | TIMES Indonesia

Majelis Hakim pada Pengadilan Negeri Denpasar memutus terdakwa SEI (49) terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana perpajakan. Vonis diberikan pada sidang yang diadakan pada Kamis, 8 April 2021 yang dilakukan secara online melalui zoom.

Majelis Hakim memutus terdakwa SEI terbukti secara  sah  dan meyakinkan melakukan tindak pidana yaitu dengan sengaja tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT), menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) dan/atau keterangan yang isinya tidak benar atau tidak lengkap, dan tidak menyetorkan pajak yang telah dipotong atau dipungut sehingga menimbulkan kerugian pada pendapatan negara sebagaimana dalam dakwaan.

Majelis  Hakim  pada  Pengadilan Negeri  Denpasar  yang  terdiri  dari  I  Gede  Putu  Saptawan,  S.H., M.Hum (Hakim Ketua), I Made Yuliada, S.H., M.H. (Hakim Anggota I) memvonis SEI (49) dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan denda 2 (dua) kali kerugian pada pendapatan negara sebesar Rp320.820.048,00 sehingga denda berjumlah Rp641.640.096,00.

SEI (49) telah membayar sebagian kerugian negara sebesar Rp320.820.048 sehingga Hakim Pengadilan Negeri Denpasar menetapkan uang titipan Rp320.820.048,00 dari PT GPM ke KPP Pratama Badung Utara dikurangkan sebagai pembayaran denda dari jumlah denda sebesar Rp641.640.096,00.

Sebelum  menjalani  persidangan,  SEI  diserahkan  ke  Kejaksaan  Negeri  Badung  oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kanwil DJP Bali pada hari Selasa 19 Januari 2021.

SEI (49) yang merupakan Komisaris PT GPM didakwa melakukan tindak pidana perpajakan dalam bentuk tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT), menyampaikan SPT dan/atau keterangan yang isinya tidak benar atau tidak lengkap dan tidak menyetorkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang telah dipungut atau dipotong dari lawan transaksi sebagaimana dimaksud dalam pasal 39 ayat (1) huruf c, d, i Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009.

Sumber: DJP

http://www.pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: