Harga Barang & Jasa Dijanjikan Tak Naik

FRANCE-ENERGY-OIL-PRICEJAKARTA. Pemerintah menjanjikan harga barang dan jasa tidak akan naik mengikuti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Pemerintah berjanji akan memperbaiki struktur pasar, agar harga barang dan jasa bisa terkendali.

Memang setelah harga BBM naik Rp 500 per liter, sejauh ini belum ada gejolak kenaikan harga barang dan jasa. Hanya Organisasi Angkutan Darat (Organda) yang akan mengusulkan kenaikan tarif kepada pemerintah daerah. Di Jakarta, angkutan berbahan bakar premium akan naik Rp 500 dan solar Rp 200.

Kenaikan tarif angkutan ini diserahkan kepada pemerintah daerah. Namun, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan meminta pemerintah daerah menolak permintaan Organda. Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan mengirimkan surat resmi ke semua pemda agar tak menaikkan tarif angkutan umum. “Harus pakai tarif lama, karena November 2014 sudah ada kenaikan tarif,” ujar Jonan usai mengikuti sidang kabinet di Istana Negara, Senin (30/3).

Adapun harga kebutuhan pokok, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan menterinya untuk memantau harga. Harga kebutuhan pokok saat ini masih relatif terkendali, tapi Jokowi mengkhawatirkan tren kenaikan menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri, Juni dan Juli nanti.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan untuk meredam kenaikan harga, pemerintah akan melakukan pembenahan struktur pasar. Struktur pasar perlu dibenahi karena jika harga BBM naik, maka harga barang ikut naik. Sedangkan jika harga BBM turun, harga barang tidak ikut turun.

Menurut Sofyan, struktur pasar Indonesia tidak cukup sehat karena masih banyaknya praktik oligopoli. “Struktur pasar ini yang harus dibereskan,” ujar Sofyan.

Caranya, pemerintah akan memperkuat peran Badan Urusan Logistik (Bulog). Selain itu, pemerintah akan memperkuat Undang-Undang Anti Monopoli.

Cara lain, pemerintah dan kepolisian akan gencar jalan-jalan ke pasar. Tujuannya untuk memastikan kelancaran pasokan serta mengantisipasi penimbunan barang.

 

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: