Pajak Intip Data Kartu Kredit, Perbanas: Kita Dukung, Tapi Jangan Meresahkan

Jakarta -Bank kini wajib melapor data transaksi kartu kredit nasabah kepada Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), Kementerian Keuangan. Kebijakan ini mendapat respons dari Perhimpunan Bank Nasional atau Perbanas.

Ketua Umum Perbanas, Sigit Pramono mengatakan, pihaknya mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan penerimaan pajak. Sebab, kata Sigit, masih berat sekali untuk mencapai target penerimaan pajak.

Selain itu, Perbanas memaklumi kebijakan ini sebagai upaya pemerintah mencari sumber-sumber penerimaan pajak. Namun, Sigit mengingatkan, kebijakan ini jangan sampai meresahkan masyarakat.

“Intinya perbankan akan mendukung dan kooperatif. Hanya tolong dilakukan hati-hati, dan yang paling penting itu setiap kebijakan tak membuat masyarakat resah. Sekarang ini beritanya sudah terlanjur ke mana-mana. Saya kira itu nggak baik untuk perbankan kita,” ujar Sigit kepada detikFinance, Jumat (1/4/2016).

Sigit menambahkan, Perbanas juga memaklumi upaya pemerintah mencari sumber penerimaan pajak melalui penelusuran di transaksi kartu kredit. Tapi, tak semua pengguna kartu kredit bisa dikategorikan atau dicurigai sebagai orang yang menghindari pajak atau pengemplang pajak.

Oleh sebab itu, dia mengharapkan penerapan kebijakan ini berdasarkan pada prasangka baik sehingga masyarakat tak resah.

“Seharusnya semua kebijakan dijalani dengan prasangka baik. Jadi ketika diterapkan tak membuat masyarakat resah,” tutur Sigit.

Kebijakan wajib lapor data transaksi kartu kredit itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 39/PMK.03/2016. Laporan dimulai pada 31 Mei tahun ini, dan selanjutnya dilakukan rutin setiap bulan.

Sumber: detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: