Panama Papers, Begini Cara Kerja Mossack Fonseca

index

Dunia tengah dihebohkan dengan kasus bocornya dokumen penggelapan pajak yang disebut dengan Panama Papers. Dokumen ini memuat daftar nama ratusan pesohor dunia, termasuk pemimpin politik dunia, selebritas, dan pesepak bola, yang terlibat dalam pengemplangan pajak.

Dokumen yang dirilis oleh Konsorsium Internasional Wartawan Investigasi (ICIJ) dan koran harian Jerman, Sueddeutsche Zeitung, pada Minggu, 3 April 2016, digambarkan sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah.

Dokumen yang diperoleh dari sumber anonim oleh harian Jerman, Sueddeutsche Zeitung, tersebut diambil dari firma hukum yang berbasis di Panama, Mossack Fonseca.

Perusahaan tersebut telah beroperasi selama hampir 40 tahun dan mengandung rincian lebih dari 214 ribu entitas perusahaan offshore yang terhubung ke beberapa orang di lebih dari 200 negara dan wilayah.

Didirikan pada tahun 1977, Mossack Fonseca adalah penyedia layanan perusahaan rahasia di luar negeri (offshore) terbesar keempat dunia. Pada prakteknya, firma hukum tersebut mempekerjakan sebuah perusahaan eksternal untuk melakukan beberapa fungsi bisnis di negara lain dari produk atau jasa yang benar-benar dikembangkan atau diproduksi.

Mossack pada dasarnya membantu menciptakan anak perusahaan yang dapat digunakan untuk menyembunyikan kepemilikan aset. Dari pengoperasiannya di seluruh dunia, itu akan berakhir di tempat yang aman bagi perpajakan, seperti Swiss dan British Virgin Islands.

Ramon Fonseca, CEO perusahaan yang tidak pernah dihukum dengan setiap pelanggaran pidana tersebut, adalah seorang penasihat Presiden Panama Juan Carlos Varela.

Data yang berhasil diungkap oleh ICIJ diterbitkan melalui situs panamapapers.icij.org. Dokumen-dokumen tersebut ditinjau oleh tim yang terdiri atas lebih dari 370 wartawan dari hampir 80 negara yang bekerja di lebih dari 25 bahasa.

Sekitar 140 politikus dari lebih dari 50 negara serta selebritas telah terlibat, termasuk kepala negara, pembantu mereka, dan beberapa teman dekat dan anggota keluarga. Beberapa orang tersebut di antaranya pembantu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, kakak ipar Presiden Cina Xi Jinping, Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson dan istrinya, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz bin Abdulrahman Al Saud, Perdana Menteri Inggris David Cameron, anak kedua dari Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Anggota Komite Etika FIFA Juan Pedro Damiani, bintang sepak bola Barcelona dan Argentina, Lionel Messi, serta bintang film terkenal asal Hong Kong Jackie Chan. Mereka dikatakan memiliki beberapa perusahaan yang dikelola Mossack Fonseca.

Sumber: TEMPO

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: