Banyak Wilayah Tax Haven, Ini Potensi Kerugiannya Bagi Negara

tax

Keterlibatan orang Indonesia pada wilayah surga pajak atau tax haven ternyata berpeluang menimbulkan kerugian bagi negara. Terutama bagi yang sengaja melakukan penghindaran pajak atas negara asalnya.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mencontohkan, misalnya orang Indonesia yang merupakan pengusaha mendirikan suatu badan dengan tujuan khusus (special purpose vehicle/SPV) di Panama. Perusahaan tersebut menjadi induk dan mengalirkan kembali investasi ke Indonesia.

“Jadi seolah-olah ada perusahaan asing dari Panama daftar ke BKPM sebagai PMA (Penanaman Modal Asing). Kemudian saya punya bisnis di Indonesia,” jelas Bambang saat rapat kerja dengan Komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Selanjutnya perusahaan mulai bermain dengan utang. Polanya adalah pemilik perusahaan memberikan pinjaman kepada perusahaannya atau shareholder loan. Dalam pola ini ada dua masalah yang dapat merugikan negara.

“Ketika dia memberi pinjaman: satu, data utang luar negeri swasta kita langsung naik karena dihitung swasta luar negeri. Kedua pajaknya, ketika itu dinyatakan utang kan ada bunganya, bunganya itu pasti itu mengurangi profit yang bisa mengurangi pajak. Itu dari sisi Pajak Penghasilan (PPh) badan,” paparnya.

Selain mengurangi pajak, bunga utang yang harus dibayarkan kepada perusahaan di Panama juga bisa menjadi kamuflase atas dividen.

“Itu kan seolah-olah saya bayar bunga padahal itu dividen. Bunga ini di satu sisi mengurangi PPh badan, di satu sisi nggak bayar PPh dividen, jadi double dampaknya,” tegas Bambang.

Harusnya bila pengusaha langsung berinvestasi di dalam negeri, maka pajak yang menjadi kewajiban akan masuk ke negara. Sebab dalam hukum pajak berlaku, bahwa pungutan pajak berlaku di tempat perusahaan melakukan aktivitas usaha.

“Karena kalau itu saya lakukan di Indonesia, pertama saya harus setor modal dan nggak ada pinjaman atau shareholder loan. Kedua, dividen sudah bayar, karena saya menerima dividen bukan menerima interest. Jadi di situ kira-kira modus penghindaran pajak,” ungkapnya.

Sumber: Detik

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: