Menkeu: Kalau Data Nasabah Bank Dibuka, Kami Nggak Perlu Lihat Transaksi Kartu Kredit

Jakarta -Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, menyatakan kebijakan mewajibkan perbankan menyerahkan data transaksi kartu kredit nasabah kepada Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), bertujuan melihat profil konsumsi masyarakat, dan dicocokkan dengan laporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak.

Kebijakan tersebut sebenarnya bisa saja tidak direalisasikan. Asalkan, Ditjen Pajak bisa mengakses data nasabah perbankan.

“Kalau data nasabah perbankan bisa kita dapatkan, maka tidak perlu lagi melihat data transaksi kartu kredit,” tegas Bambang, saat rapat kerja dengan Komisi XI, di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (11/4/2016).

Menurut Bambang, data nasabah tersebut merupakan gambaran profil yang sempurna. Wajib pajak tentunya tidak bisa lagi mengelak, bila data yang dilaporkan kepada Ditjen Pajak berbeda dengan jumlah simpanan yang ada di perbankan.

“Data bank itu sudah profiling yang sempurna, dari sana akan ketahuan semuanya,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, DPR memang akan membahas RUU perbankan bersama pihak terkait lainnya. Bambang meminta agar anggota DPR dapat merealisasikan keinginannya.

“Kalau boleh terkait pajak, kami titip kepada Bapak Ibu semua, agar pasal mengenai kerahasiaan perbankan itu dikecualikan untuk akses pajak,” ujar Bambang di depan anggota Komisi XI DPR.

Sekarang memang ada kewenangan akses data nasabah, tapi tidak otomatis. Bambang menyebutkan, terlalu panjang birokrasi yang ditempuh pemeriksa pajak untuk mendapatkan data tersebut.

“Saat ini juga bisa sebenarnya akses ke perbankan untuk kepentingan pajak, tapi harus si wajib pajaknya dalam kondisi sedang diperiksa, dan suratnya itu panjang. Dari Ditjen Pajak ke kemenkeu, Kemenkeu pun tanda tangannya harus pakai tinta basah, terus ke OJK, baru kemudian OJK ke bank. Jadi memang prosesnya terlalu lama. Dan nggak efektif karena hanya menyangkut rekening beberapa orang,” paparnya.

Sumber: Detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: