Penyelenggara Sistem Elektronik Wajib Lindungi Data

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika berjanji melindungi data pribadi masyarakat dalam sistem elektronik. Perlindungan ini akan dinyatakan dalam Peraturan Menteri (Permen) Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik yang akan terbit akhir tahun ini.

Dalam Permen ini, pemerintah akan memberikan sanksi kepada penyelenggara sistem elektronik yang menyebarkan dan menerima data pribadi tanpa izin pemilik data.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap konsultasi public dapat segera dilakukan, sehingga di akhir tahun, Permen ini bisa disahkan. Rudi bilang, salah satu hal penting dalam Permen ini adalah pemberian sanski kepada penyelenggara sistem elektronik. Adapun, detail sanksi akan didasarkan peraturan lain. “Penyelenggara sistem yang menerima adalah yang bertanggungjawab,” katanya, akhir pekan lalu.

Kominfo akan berkomunikasi dengan Kementerian Hukum dan HAM agar beleid ini tidak tumpang tindih dengan peraturan lain. Permen ini turunan dari Pasal 15 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Menurut Rudiantara, payung hukum perlindungan data pribadi dalam sistem elektronik sangat mendesak. PP nomor 82 tahun 2012 menyebutkan, penyelenggara sistem elektronik wajib menjaga rahasia, keutuhan, dan ketersediaan data pribadi yang dikelolanya. Mereka juga harus menjamin perolehan, penggunaan, dan pemanfaatan data pribadi berdasarkan persetujuan pemilik data.

Mereka harus menjamin penggunaan atau pengungkapan data berdasarkan persetujuan pemilik data pribadi dan sesuai tujuan pada saat data diperoleh. Jika terjadi kegagalan dalam perlindungan rahasia data pribadi yang dikelola, penyelenggara sistem elektronik wajib memberitahukan tertulis kepada pemilik data pribadi.

Pengamat telekomunikasi Teguh Prasetya mengamini, penyebaran data pribadi lewat praktik telemarketing sudah meresahkan. “Perlu sanksi agar ada efek jera,” katanya.

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: