Pajak Jadi Alasan Kemenhub Minta Go-Jek Cs Berbadan Hukum

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bergerak cepat menyelesaikan izin layanan transportasi online. Hal ini terkait dengan potensi pajak yang cukup prospektif jika layanan transportasi online tersebut diresmikan.

Dalam meresmikan penyedia layanan transportasi online, Kemenhub mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.32 Tahun 2016 tentang angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

Mengutip Permenhub No.32 Tahun 2016, Kamis (21/4/2016), pasal 21 ayat satu menyampaikan, untuk menyelenggarakan angkutan orang tidak dalam trayek dengan kendaraan bermotor umum, perusahaan umum wajib memiliki izin penyelenggaraan angkutan orang tidak dalam trayek.

“Pemberi izin sebagaimana dimaksud pada ayat satu dikenakan biaya sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” bunyi Pasal 21 ayat dua.

Guna menarik pajak yang ada pada perusahaan penyedia layanan transportasi online tersebut, Kemenhub mengharuskan perusahaan angkutan umum berbasis aplikasi berbentuk badan hukum Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-udangan.

“Badan hukum Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat satu berbentuk, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Perseroan Terbatas, atau Koperasi,” terangnya.

Kemenhub mengungkapkan, dalam memperoleh izin, perusahan layanan transportasi online harus memiliki paling sedikit lima kendaraan dengan dibuktikan STNK atas nama perusahaan dan surat tanda bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor dan perusahaan memiliki tempat penyimpanan kendaraan bermotor.

“Menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan (bengkel) yang dibuktikan dengan dokumen kepemilikan atau perjanjian kerjasama dengan pihak lain, dan mempekerjakan pengemudi yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) umum sesuai golongan,” bunyi pasal 23 huruf c dan d.

Sumber: okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: