ICIJ BAKAL BUKA SEMUA DATA PANAMA PAPERS

RMOL. Konsorsium Wartawan Investigatif Internasional (ICIJ) akan merilis banyak data luar biasa mengenai bagaimana orang-orang terkaya dan berkuasa dunia menyembunyikan asetnya pada 9 Mei nanti.

ICIJ menyatakan akan menerbitkan apa yang boleh disebut penyebarluasan terbesar informasi mengenai perusahaan-perusahaan offshore rahasia dan orang-orang yang berada di belakangnya, berdasarkan data dari investigasi Panama Papers.

“Database searchable (bisa dicari) ini meliputi informasi mengenai lebih dari 200.000 perusahaan, trust, yayasan dan fund (pengelola dana) yang tergabung di 21 surga pajak, dari Hong Kong sampai Nevada di Amerika Serikat,” bunyi pernyataan resmi ICIJ seperti dikutip Antara, Jumat (29/4).

Awal April lalu, sekitar 11 juta dokumen yang dimiliki firma hukum Panama Mossack Fonseca dibocorkan oleh surat kabar Jerman Suddeutsche Zeitung. Selanjutnya, surat kabar ini membagi informasi ini kepada ICIJ yang terdiri dari 107 organisasi media dari 78 negara.

Organisasi-organisasi media kemudian menginvestigasi dokumen-dokumen setebal 28.000 halaman yang juga menyingkapkan pelanggaran pajak gila-gilaan oleh 340 perusahan.

Skandal ini telah membawa korban dengan mundurnya Menteri Perindustrian Spanyol Jose Manuel Soria dan Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson.

“Dampak Panama Papers sungguh hebat,” tulis ICIJ.

 

Sumber: rmol.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pengampunan pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: