Gaji ke-13 dan THR Diberikan Awal Juli

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah merampungkan dua rancangan peraturan pemerintah terkait pemberian gaji ke-13 dan tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS). Rencananya tunjangan ini akan diberikan pada awal Juli 2016.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, draf rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2016 (gaji ke-14) dna RPP tentang Pemberian Gaji Ke-13 sudah final di tingkat internal kementerian. “RPP tentang gaji ke-13 dan RPP tentang gaji ke-14 sedang diharmonisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM),” katanya, kepada KONTAN, kemarin.

Rencananya, calon beleid tersebut akan memuat ketentuan tentang besaran gaji yang diberikan oleh pemerintah. Dimana, untuk besaran gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain, sebagai penghasilan PNS yang diterima setiap bulan.

Sedangkan THR atau gaji ke-14 yang bakal diterima PNS hanya berupa satu kali gaji pokok. “Rencananya, akan diberikan secara bersamaan pada Juli 2016, sebelum perayaan lebaran,” kata Herman. Catatan saja, hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, kemungkinan akan jatuh pada tanggal 6 Juli 2016.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Hidayah Azmi Nasution menyatakan, nantinya setelah harmonisasi dua RPP itu rampung di Kemkum HAM akan dikembalikan lagi ke Kementerian PAN RB. “Selanjutnya diajukan ke presiden,” ujarnya, dalam keterangan resmi yang dikutip KONTAN.

Pemberian THR dan gaji ke-13 sebelum lebaran diharapkan dapat mengurangi beban pegawai untuk memenuhi kebutuhan saat perayaan Idul Fitri. Sebab, umumnya kebutuhan masyarakat semakin meningkat saat perayaan lebaran. Anggaran untuk pemberian gaji ke-13 dan THR ini sudah dimasukkan dalam anggaran belanja pegawai  yang tahun ini totalnya mencapai Rp 347,5 triliun.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi menyatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan memberikan gaji ke-13 dan THR kepada seluruh aparatur sipil Negara(ASN). “Gaji ke-13 diberikan saat anak-anak masuk sekolah,” jelas Yuddy.

Ia juga mengungkapkan, pemerintah akan memberikan gaji ke -14 menjelang hari raya lebaran. Dengan tunjangan THR dan gaji ke-13 diharapkan daya beli bara PNS meningkat. Pemerintah berharap insentif ini bisa menggulirkan ekonomi nasional.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: