Target Penyaluran Dana Desa Tahap I Tak Tercapai

JAKARTA. Penyaluran dana desa masih tak mencapai target. Dana Kementerian Keuangan (Kemkeu) menunjukkan, sampai Senin (13/5) kemarin, realisasi penyaluran dana desa tahap pertama hanya sebesar Rp 26,2 triliun. Jumlah itu lebih rendah dari anggaran yang sudah disiapkan pada Maret 2016 sebesar Rp 28,14 triliun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kemkeu Boediarso Teguh Widodo mengatakan, sampai kemarin baru 399 kabupaten/kota menerima dana desa. Dengan begitu, masih ada 35 kabupaten/kota lagi yang belum menerima dana desa. “Dari 399 daerah yang sudah menerima penyaluran dana desa tahap pertama, mencakup sebanyak 70.041 desa. Sedangkan 35 desa yang belum menerima penyaluran dana desa tahap pertama, meliputi sekitar 4.713 desa,” kata Boediarso, kepada KONTAN, Senin (13/6).

Boediarso menyatakan, lambatnya penyaluran dana desa akibat banyak daerah yang belum melengkapi dokumen persyaratan yang ditentukan. Persyaratan yang dimaksud adalah Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 dan laporan mengenai pembagian dana desa ke setiap desa.

Pada tahun ini pemerintah menargetkan penyaluran tahap pertama pada Maret 2016 sebesar 60% atau Rp 28,14 triliun dari total pagu dana desa tahun 2016 senilai Rp 46,9 triliun. Sedangkan 40% atau Rp 18,76 triliun dana desa disalurkan tahap kedua, yaitu minggu II Agustus 2016.

Sumber: Harian Kontan 14 Juni 2016

Penulis : Asep Munazat Zatnika

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: