Setop Jual Harley, Mabua Alihkan Bisnis Rental Harley

JAKARTA – Mulai akhir bulan ini, PT Mabua Motor Indonesia resmi mengakhiri statusnya sebagai agen pemegang merek (APM) dan penyedia jasa servis sepeda motor besar Harley-Davidson. Namun berakhirnya hubungan dengan Harley, tak membuat Mabua meninggalkan bisnis sepeda motor gede.

Selama ini, selain menjual Harley, Mabua telah menjalani bisnis sewa alias rental Harley. Nanti, bisnis rental inilah yang jadi tulang punggung Mabua. “Kami ada sepeda motor baru yang belum terjual yang akan kami sewakan atau beli dalam jangka waktu tertentu,” kata Djonie Rahmat, Presiden Direktur Mabua Motor kepada KONTAN, Rabu (15/6).

Djonnie menyampaikan, kondisi ekonomi Indonesia membuka peluang bisnis sewa sepeda motor Harley Davidson. Saat ini, kata Djonnie, dunia usaha sedang kurang baik. Di sisi lain, pemerintah sedang menggalakkan penerimaan pajak, salah satunya soal impor barang mewah.

Hal tersebut, mengakibatkan penjualan produk barang mewah seperti motor Harley punya harga mahal makin sulit terjangkau oleh konsumen. “Bukan karena masyarakat tidak punya uang. Tapi dalam rangka pemerintah sedang haus dan lapar akan pajak, maka orang tidak mau keluarkan duit dulu,” kata Djonnie.

Bisnis rental sepeda motor gede yang dilakoni Mabua melayani penyewaan untuk mingguan, bulanan, enam bulan dan tahunan. Saat ini, Mabua telah memiliki sekitar 50 unit Harley Davidson yang siap disewakan, khususnya untuk wilayah Jakarta dan Bali. “Ini (penyewaan sepeda motor gede) bukanlah bisnis baru bagi kami, tapi ini akan kami diteruskan. Peluang itu bisa bagus, bahkan berpotensi bisa lebih bagus dari penjualan sepeda motor besar,” tambah Djonnie.

Namun Djonnie mengaku, Mabua tak terlalu gencar melakukan promosi bisnis rental sepeda motor besar tersebut. “Pelanggan banyak, potensi pasarnya bisa di atas 1.000 orang (penyewa),” terang Djonnie.

Sumber: Harian Kontan, Kamis 16 Juni 2016

Penulis: Issa Almawadi

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: