Menaker : Batas Waktu Pembayaran THR Usai

JAKARTA. Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menegaskan bahwa kemarin (29/7) adalah H-7 lebaran yang merupakan batas akhir bagi perusahaan untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya kepada para pekerjanya. “Kami meminta kepada seluruh perusahaan untuk melaksanakan kewajibannya untuk membayar THR sesuai dengan ketentuannya. Batas akhirnya ya, H-7 ini, kalau lewat maka akan kena denda, kena teguran, dan kena sanksi,” kata Hanif, dalam keterangan resmi, Rabu (29/6).

Hanif mengatakan pembayaran THR merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para pengusaha sebagai pemberi kerja kepada para pekerjanya. Bagi para pekerja yang belum mendapat hak THR, diminta agar segera melaporkan ke posko pengaduan THR di tingkat pusat (kantor Kemnaker) atau di Kantor Dinas Tenaga Kerja di masing-masing Provinsi, Kabupaten/Kota.

Catatan saja, kewajiban pembayaran THR bagi pekerja diatur lewat Peraturan Menteri Ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan. Berdasarkan beleid ini, pekerja dengan masa kerja minimal satu bulan berhak mendapat THR secara proposional. Di aturan sebelumnya, Permenaker nomo 4 tahun 1994, THR diberikan bagi pekerja dengan masa kerja minimal 3 bulan.

Sumber: Harian Kontan 30 Juni 2016

Penulis: Handoyo

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: