Potensi Pajak Illegal Fishing Mencapai Rp 209,1 Miliar

JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengklaim ada potensi penerimaan pajak sebesar Rp 209,1 miliar dari kegiatan illegal fishing. Untuk itu KKP telah menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak untuk pengembalian potensi kerugian negara dari kejahatan illegal fishing. “Melalui kerjasama itu diperkirakan ada potensi pajak sebesar Rp 209,1 miliar,” kata Susi Pudjiastuti, Menteri KKP, Rabu (29/6).

Potensi kerugian negara hingga Juni 2016 itu berasal dari 187 wajib pajak (WP). Menurut Susi, hingga kini upaya pengembalian uang negara tersebut masih dalam proses pembayaran di Ditjen Pajak. Potensi itu adalah hasil kinerja Satgas 115 yang bertugas memberantas penangkapan ikan ilegal. Satgas 115 adalah tim gabungan dari KKP, TNI Angkatan Laut, Kepolisian, Badan Keamaan Laut (Bakamla), dan Kejaksaan Agung.

Dalam upaya penegakan hukum, Satgas 115 telah menenggelamkan 176 kapal berbendera asing hingga Juni 2016. Sebanyak 162 kapal dari Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Thailand, serta 14 unit kapal berbendera Indonesia. Sedangkan yang masih proses pengadilan 11 unit kapal, di Ambon dan Aceh. “Juli 2016, Satgas 115 akan kembali menenggelamkan 30 kapal ikan,” ujar Susi.

Sumber: Harian Kontan 30 Juni 2016

Penulis: Muhammad Yazid

http://www.pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: