Plus Minus Masuknya Investasi Asing

Untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi nasional ditengah ketidakpastian ekonomi global, pemerintah terus menggenjot masuknya investasi asing. Kehadiran penanam modal asing (PMA) ini ada plus minusnya.

Tentunya , PMA akan menjadi ancaman besar bagi perusahaan lokal yang tidak punya daya saing. Direktur Utama Pindad Silmy Karim menilai, meski menjadi ancaman, banyaknya perusahaan multinasional yang berinvestasi di dalam negeri dengan membangun pabrik komponen tetap ada sisi positifnya. Asalkan, mereka membawa modal yang besar, bisa menyerap banyak tenaga kerja dan pemasukan pajak bagi negara.

Namun yang tidak boleh dilakukan adalah membuka pintu lebar – lebar datangnya perusahaan yang sebatas trader. Artinya, mereka Cuma berdagang, tidak memiliki pabrik dan sumber daya, melainkan hanya memasukan barang jadi dari luar atau impor. “ selama pabriknya ada di Indonesia, pekerjaan orang kita , dan bayar pajak,  itu bisa diterima. Ya . Syukur- syukur mereka mau bermitra dengan perusahaan lokal” kata Silmy.

Sebab itu, Silmy mengharapkan pemerintah selektif dalam memberika izin investasi . Tak Cuma itu, juga yang paling penting adalah memberikan perlindungan dan dukungan terhadap industri komponen lokal agar bisa berkembang dan siap bersaing dengan perusahaan asing. Dengan memberikan dukungan, perusahaan lokal dan PMA bisa saling bekerjasama dalam hal teknologi dan lain sebagainya.

Hamdani Dzulkarnaen, Ketua Umum Gabungan Insutri Alat-Alat Mobil Motor, menimpali, pemain lokal yang tidak memliki teknologi otomatis akan kalah bersaing dari sisi harga produk. “ Ada production cost yang terpangkas dengan penggunaan teknologi canggih”, jelasnya. Sebagai contoh, perusahaan komponen skala UKM di Jepang, Hamdani bilang , mereka bisa menekan harga produk menjadi lebih murah 40% – 50% dengan penguasaan teknologi yang sudah maju.

Sumber: Tabloid Kontan 18 Juli-24 Juli 2016

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: