BKPM Klaim Izin Listrik dan Migas Beres Tiga Jam

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di SPBU Muri jalur pantura,

JAKARTA. Layanan cepat jadi janji Badan Modal Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Tak tanggung-tanggung, layanan izin investasi satu sektor listrik dan delapan sektor minyak dan gas bumi dijanjikan hanya tiga jam kelar.

Menyelamatkan nama ESDM3J, layanan ini resmi berjalan Senin (30/1) lalu di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat BPKM, di Jakarta. Menteri ESDM Ignasius Jonan berharap, layanan ini bisa mendukung target investasi sektor ESDM tahun ini sekitar US$ 43 miliar dollar AS atau setara Rp 568 triliun.

“Kami optimistis target investasi 2017 tercapai,” kata Jonan, Senin (30/1). Dari total target investasi 2017 itu, investasi sektor migas diprediksi mencapai US$ 22 miliar.

Sebagai gambaran pada 2016, realisasi investasi di sektor ESDM mencapai Rp 347,85 triliun atau setara dengan US$ 26,758 miliar.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lemboh menambahkan, peluncuran layanan investasi tiga jam sektor ESDM ini menjadi bagian dari rangkaian pengembangan inovasi pemerintah untuk meningkatkan layanan ke investor. Layanan ini diberikan kepada investor baru maupun yang telah berinvestasi dan ingin ekspansi usaha di Indonesia.

Thomas menyebut layanan ini merupakan hasil sinergi dan dukungan dari Kementerian ESDM dalam upaya memperbaiki layanan ini di PTSP Pusat. Layanan ini bisa memproses 9 jenis perizinan, 1 jenis izin kegiatan listrik dan 8 jenis kegiatan migas.

Menurutnya, kontribusi sektor ESDM menjadi penting untuk mendukung pencapaian target realisasi investasi sepanjang 2017 yang ditargetkan mencapai Rp 678,8 triliun. “Dalam lima tahun terakhir komposisi investasi dari sektor ESDM mencapai 21% dari total investtasi yang masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Ketua Harian Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) Arthur Simatupang menilai, perizinan tiga jam itu positif untuk memperbaiki iklim investasi di Indonesia. “Semoga betul-betul bisa terjadi di lapangan,” ungkap dia.

Board of Director Indonesia Petroleum Association, Sammy Hamzah menyatakan, jika izin dipercepat akan membantu pelaku bisnis . Hanya, ini butuh bukti.

Fabby Tumiwa Pengamat Ketenagalistrikan mengingatkan pada prinsipnya investor berharap proses perizinan tidak hanya cepat tetapi juga transparan.

Sumber: Harian Kontan, Selasa 31 Januari 2017
http://www.pemeriksaanpajak.com
pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: