Alibaba Suntik Modal Tokopedia, E-Commerce RI Berkembang?

Raksasa e-commerce asal China, Alibaba Group menyuntikkan dana investasi sebesar US$1,1 miliar atau setara Rp14 triliun kepada Salah satu perusahaan marketplace terbesar di Indonesia, PT Tokopedia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan hal itu tentu berdampak baik pada kinerja perusahaan tersebut. Dana itu bisa membuat kapasitas tokopedia menjadi lebih besar jika itu digunakan dengan baik.

“Jadi mereka bisa berkembang lebih jauh. Adanya dana itu menjadi suatu sarana yang memungkinkan mereka untuk melakukan hal yang tidak bisa dilakukan sebelumnya,” kata Darmin di kantornya, Jakarta Minggu 20 Agustus 2017.

Namun, menurut Darmin, e-commerce atau perdagangan elektronik bukan cuma soal modal. Melainkan, terkait dengan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) dari perusahaan tersebut.

“Di kita ada banyak hal sebetulnya, uang penting tapi yang lain juga penting, seperti SDM juga. Jadi selain persoalan uang juga persoalan talenta juga. Mudah-mudahan mereka bisa atasi itu jadi bisa berjalan baik. Kalau dua-duanya bisa jalan, tentu akan baik,” ujar dia.

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu mengatakan, dalam e-commerce pemerintah berfungsi untuk menyiapkan infrastruktur usaha, eksternalitas dan juga beberapa hal yang tidak bisa dilakukan dunia usaha namun hanya bisa dilakukan oleh pemerintah.

“Misal talenta. Talenta harus dididik, itu harus ada pendidikannya. Itu tanggung jawab pemerintah. Kemudian ada dukungan pembiayaan, pajak, dan lain-lain,” jelas dia.

Sebenarnya, sambung Darmin, hal lain yang mungkin dapat dibangun oleh pemerintah seperti infrastruktur bisnis dari e-commerce.

“Itu sebabnya pemerintah bangun palapa ring. Itu infrastruktur untuk broadband, dan seluruh aktivitas e-commerce. Artinya pemerintah fungsinya itu, menyiapkan infrastruktur, eksternalitasnya, SDM, dan seterusnya,” tutup Darmin.

Sumber : viva.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: