Pertamina Bakal Bentuk 3 Anak Usaha Baru, Ini Rinciannya

Jakarta. PT Pertamina (Persero) berencana membuat anak usaha baru. Hal itu disampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI.

Direktur Utama Pertamina, Elia Massa Manik, mengatakan ada tiga anak usaha yang bakal didirikan Pertamina. Pertama, PT Pertamina Power Indonesia yang akan bergerak di sektor ketenagalistrikan.

Elia menegaskan, fungsi dari Pertamina Power Indonesia akan berbeda dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Anak usahanya itu akan bergerak dalam proyek-proyek pembangkit listrik, berbeda dengan PLN yang bergerak dalam bisnis penyaluran kelistrikan.

“Kita harus bedakan antara power business dengan electricity business. Takutnya dibilang ambil pasar PLN,” tutur Elia di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Menurutnya Pertamina selaku BUMN energi memiliki prospek di bidang ketenagalistrikan. Sebab, cukup banyak lapangan gas yang milik Pertamina yang menyuplai bahan baku untuk pembangkit listrik tenaga gas.

“Kita juga punya Pertamina Geothermal Energy yang panas bumi untuk pembangkit. Di seluruh dunia perusahaan yang punya geothermal pasti punya bisnis di bidang listrik. Gas juga paling besar larinya ke power di samping industri,” terang Elia.

Selain itu Pertamina juga akan mendirikan PT Pertamina Hulu Indonesia yang akan mengelola hulu migas. Ada pula anak usaha lainnya yang bergerak di bidang logistik, yakni PT Pertamina Internasional Shipping.

“Ini akan beroperasi dalam beberapa waktu mendatang,” jelas Elia.

Elia menambahkan, Pertamina akan mengidentifikasi anak-anak usaha yang bisa dikembangkan. Lalu, akan mendorong para SDM di anak usaha Pertamina untuk bekerja lebih baik

Proses pembenahan anak usaha Pertamina akan didorong untuk diselesaikan tahun ini. Salah satu caranya dengan menyisir SDM-SDM yang berkualitas.

“Kita akan coba selesaikan tahun ini semua rekrut, identifikasi untuk semua anak-anak perusahaan,” tutur Elia.

Sumber: detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: