Gaikindo harapkan harmonisasi pajak sedan

Ketua umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto mengharapkan adanya harmonisasi tarif pajak sedan di Indonesia. Sebab pajak barang mewah atau PPnBM dari sedan yang 30% dinilai memberatkan industri otomotif penetrasi pasar, khususnya ke ranah ekspor.

“Kapasitas terpasang nasional mencapai 2,2 juta unit per tahun. Namun hanya 1,2 juta unit yang diproduksi,” urai Jongkie dalam paparan Seabad Industri Otomotif Indonesia yang diselenggarakan Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI), Selasa (29/8).

Sekitar 200.000 unit setiap tahun dari total produksi dijual ke luar negeri, sementara sisa kapasitas 1 juta unit masih kosong. “Potensi ekspor diharapkan mampu mengisi ekses dari sisa kapasitas yang belum terpakai itu,” ujar Jongkie.

Di pasar global tipe kendaraan yang populer ialah sedan. Sementara pabrikan di Indonesia dominan memproduksi jenis kendaraan keluarga, seperti SUV dan MPV. “Indonesia memang menjadi basis produksi kendaraan 4×2 saat ini,” ucapnya.

Sedan hanya kisaran 3% dari total penjualan 1 juta unit mobil tiap tahun. Persoalannya ialah, sedan masih dianggap barang yang mewah dan dikenai pajak di atas jenis kendaraan lainnya.

Hal ini menyebabkan harga cenderung mahal dan ongkos produksi harus ditingkatkan. Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, Kemperin bersama industri otomotif tengah berkolaborasi dengan lembaga riset independen Univesitas Indonesia (UI) untuk mengukur dampak dari kebijakan penurunan tarif pajak kendaraan tipe sedan.

Harapan dari kalangan industri adalah pajak sedan bisa kurang lebih sama atau tidak jauh beda dengan pajak MPV yang 10%. Kabar yang beredar kocek negara bisa berkurang dengan pengurangan tarif pajak tersebut.  “Diharapkan dengan turun tarif maka banyak produksi dan meningkat permintaan, tentu ini sebuah peluang bagi penambahan pajak juga,” katanya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: