Industri farmasi tergantung bahan baku impor

Industri farmasi nasional masih memiliki hambatan dalam menyediakan bahan baku farmasi secara mandiri. Selama ini, tercatat sekitar 90 % bahan baku merupakan hasil impor.

Hal ini dikemukakan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartanto dalam acara ulang tahun ke-60 PT Bayer Indonesia. “Kami beharap perusahaan-perusahaan farmasi untuk terus mengembangkan diri agar industri bahan baku farmasi dapat bertumbuh,” ujarnya.

Apalagi, saat ini industri farmasi Indonesia terus bertumbuh pesat. Nilai produksi farmasi, menurut Airlangga, telah mencapai angka USD 4,7 miliar atau setara sengan 27 % dari total pasar farmasi di kawasan Asia Tenggara. Sementara di Insonesia sendiri, industri farmasi mampu menyediakan 70 % kebutuhan obat.

“Dengan banyaknya fasilitas yang dimiliki oleh industri farmasi, harusnya kita mampu juga mengembangkan bahan baku agar ketergantungan impor menurun. Hal ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu menurut General Manager PT Bayer Indonesia Angel-Michael Evangelista, walaupun saat ini 90 % bahan baku farmasi masih diimpor, menurutnya yang terpenting adalah pasien di Indonesia memiliki akses untuk mendapatkan obat terlebih dahulu.

Angka 90 % ini tergantung pada kualitas supplier bahan baku yang memang mumpuni untuk menghasilkan produk yang baik.

“Kami harus memastikan dulu apakah obat yang kami punya itu sudah sesuai dengan standar kualitas dunia karena kami juga memiliki pasar ekspor. Bukan hanya hasil akhir saja, namun juga dari bahan baku, active ingredient, serta proses pembuatan,” katanya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: