Sisa 4 Bulan di 2017, Setoran Pajak Baru Setengah Dari Target

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan memastikan penerimaan pajak hingga Agustus 2017 mencapai sekitar Rp 686 triliun atau mencapai 53,5% dari target APBN-P 2017 yang sebesar Rp 1.283 triliun.

“Kumulatif sampai Agustus Rp 686 triliun atau mencapai 53,5%,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Senin (4/9/2017).

Khusus di Agustus 2017, penerimaan pajak mencapai Rp 85 triliun atau turun dibandingkan Agustus 2016 yang sebesar Rp 87 triliun.
“Jadi minus sekitar 3%, karena tahun lalu ada tax amnesty yang kurang lebih dari tax amnesty sebesar Rp 5 triliun,” tambah dia.

Dia merinci, dari total penerimaan yang sebesar Rp 686 triliun sampai Agustus 2017, berasal dari PPh non migas sebesar Rp 378 triliun, PPnBM sebesar Rp 267 triliun, PBB sebesar Rp 1,2 triliun, pajak lainnya Rp 4,3 triliun, dan PPh migas sebesar Rp 35 triliun. Sehingga total kumulatif sampai Agustus 2017 sebesar Rp 686 triliun.

Meski demikian, Hestu mengaku bahwa pengumpulan penerimaan pajak di sisa waktu hingga akhir tahun 2017 akan semakin berat, apalagi tidak ada program tax amnesty seperti tahun lalu.

“Tantangannya cukup kuat, kita akan lakukan extra effort, membuat masyarakat patuh pajak, yang sudah ikut tax amnesty minta komitmennya, sudah sesuai dengan profil yang sesudahnya, bagi yang tidak ikut tax amnesty ada waktu untuk pembetulan SPT, kami juga untuk instrumen yang kita miliki semakin banyak, seperti mobil mewah, kita dapat SPT-nya, semua bukan hanya artis, sekarang sudah saatnya bayar pajak uang baik, semoga tahun ini tercapai,” tukas dia.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: