Pajak Penulis, Sri Mulyani: Saya Minta Tim untuk Mengkaji Permasalahannya

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan telah menyampaikan kepada jajaran Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) untuk bisa memahami persoalan yang dikeluhkan oleh Penulis Buku.

Hal ini disampaikan Sri Mulyani menanggapi protes Penulis Buku Tere Liye mengenai pajak untuk penulis yang dianggap terlalu tinggi yang membuat ia memutus kontrak dengan penerbit buku Gramedia dan Republika. Bukan hanya Tere Liye, Penulis Buku Dewi Lestasi juga menyampaikan hal yang sama mengenai ketidakadilan pajak bagi profesi penulis.

“Saya memperhatikan dan membaca secara teliti apa yang disampaikan dan telah meminta jajaran Ditjen Pajak dan BKF untuk bisa memahami itu apa yang jadi persoalan. Ada yang berhubungan dengan pengadministrasian, yaitu apakah bisa dilakukan secara simpel,” ungkap Sri Mulyani di Hotel Sultan, Jumat (8/9/2017) malam.

“Dengan melakukan apa yang disebut nominal approach saja. Ada yang berhubungan dengan rate,  yang dianggap fair keadilan. Ada juga aspek yang berhubungan dengan posisi pemerintah atau negara untuk menghargai karya-karya kreatif,” imbuhnya.

Sri Mulyani menjelaskan hal itulah yang diminta kepada Ditjen Pajak untuk mengkaji. Sehingga jika nantinya permasalahannya ada di dalam peraturan perundang-undangan maka bisa dilakukan perbaikan.

“Hal-hal ini nanti saya lihat dan minta tim untuk mengkaji. Pada intinya kami mendukung untuk hal-hal yang sifatnya kreatif perlu mendapatkan support dari berbagai aspek, bisa pajak bisa juga dari yang lain,” jelasnya.

Namun, lanjut Menkeu, jika permasalahan yang terjadi karena administrasi yang sangat kompleks maka timnya perlu untuk menyederhanakan. Seperti untuk melaksanakan tugas yaitu membayar pajak dengan baik.

“Kalau masalahnya keadilan, kalau rate pajak, rate itu ditetapkan oleh UU, maka kami belum bisa. Kecuali dari DPR, dan kami bisa mengajukan UU untuk membahas berapa rate dr income tax yang dianggap baik,” tukasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: