Bendaharawan Negara akan Diawasi Ketat

PERANAN Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) baik di pusat maupun daerah akan diperkuat untuk mengawasi bendaharawan pemerintah yang memungut pajak. Penguatan ini diharapkan efektif mendorong bendaharawan melaporkan setiap pajak yang dipungut dari belanja negara maupun belanja daerah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, peranan bendaharawan menjadi titik lemah pengumpulan pajak dari APBN dan APBD. Sebab, ada bendaharawan yang tidak memahami aturan, tidak memahami transaksi keuangan, tidak menjalankan kewajiban untuk memotong pajak, atau bahkan ada yang mengetahui tetapi tidak melaporkan pajak yang telah dipungutnya.

Lihat saja, APBN 2015 hanya menghasilkan penerimaan pajak Rp 84 triliun dan 2016 Rp 86 triliun. Padahal, nilai belanja negara dan daerah selalu meningkat tiap tahun. “Permasalahan bendaharawan ini juga menyebabkan petugas pajak mengeluarkan energi extra, padahal seharusnya petugas pajak melakukan ekstensifikasi di luar APBN,” ujar Sri Mulyani dalam Rapat Kerja Nasional APIP 2017, Selasa (12/9). Saat ini tercatat ada sekitar 25.000 bendaharawan Republik Indonesia.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Sumiyati mengatakan, penguatan APIP bisa dilakukan melalui beberapa jalur, utamanya dibina oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Di bidang perpajakan dan pengawasan APBN, penguatan APIP dilakukan melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). “Kami akan gunakan semua instansi yang ada tetapi masing-masing memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda,” kata Sumiyati.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: