Daya Beli Turun, Tantangan Bisnis Ritel Kian Berat

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) berterus terang bisnis ritel, termasuk yang bergerak di bidang fesyen, mengalami tantangan berat karena menurunnya kinerja bisnis. Sogo Indonesia dan PT Central Retail Indonesia mengakui kondisi tersebut. Namun mereka memilih menghadapinya dengan melakukan berbagai terobosan.

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey menyebut, penurunan kinerja akibat melambat nya pertumbuhan sektor konsumsi. Menurut dia, mau tidak mau para pelaku ritel harus melakukan berbagai efisiensi. Di antaranya melalui penghematan listrik, membatasi varian produk, serta selektif dalam memilih lokasi gerai.

Tidak semua lokasi akan dipilih untuk toko baru. “Indonesia timur masih berpeluang daripada di Indonesia barat dan tengah. Kalaupun ada toko yang tidak ekonomis akan direlokasi,” katanya. Sebelumnya Aprindo mengakui kinerja ritel modern, termasuk yang bergerak di bidang pakaian, pada kuartal I/2017 memburuk.

Penyebabnya ditengarai karena menurunnya daya beli masyarakat yang cukup drastis, yakni sekitar 10–12% karena berbagai sebab. Pelaku usaha ritel semakin terpukul karena kinerja pertumbuhan ritel selama awal Ramadan 2017 lalu justru menurun, yakni dari 4,1% pada April 2017 menjadi 3,6% pada Mei 2017.

Sebagai informasi, ketatnya persiangan ritel makin nyata dengan tutupnya dua store milik PT Matahari Department Store Tbk yang merupakan pelopor ritel fesyen modern di Tanah Air terpaksa menutup dua gerainya di Jakarta, yakni di Pasaraya Blok M dan Pasaraya Manggarai.

Penutupan ditandai dengan obral besar yang diserbu pembeli kemarin. Penutupan dua gerai Matahari yang sama-sama dibuka sejak 2015 itu tentu menimbulkan tanda tanya, apakah akibat kian ketatnya persaingan antar-peritel di industri yang sama atau karena beralihnya pembeli ke gerai online? Apalagi investasi yang telah digelontorkan untuk dua gerai tersebut terbilang besar, antara Rp30 miliar hingga Rp40 miliar.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: