Menko Darmin: IT Pajak Sudah tak Bisa Diandalkan

Pemerintah tengah membenahi sistem data informasi (?T) perpajakan atau core tax system di ?ndonesia guna mengoptimalkan penerimaan pajak yang selama beberapa tahun ini tak kunjung mencapai target.

Salah satu yang dibenahi yakni terkait permasalahan sistem data informasi (?T). Menko Perekonomian Darmin Nasution bahkan menyatakan ?T yang dimiliki Ditjen Pajak saat ini sudah tak relevan dalam untuk mendukung upaya penerimaan.

“?T pajak yang ngadat sudah tak bisa diandalkan,” kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin malam 18 September 2017.

Mantan Dirjen Pajak ini mengatakan ?T menjadi salah satu dari semua hal yang urgen untuk dibenahi. Sebab, ?T merupakan bagian terpenting dalam menampung database wajib pajak.

Di samping itu, persoalan pelayanan dan penagihan juga harus dibenahi. Banyak wajib pajak yang terkadang takut dengan upaya pegawai pajak dalam menagih tunggakan pajak. Artinya, harus ada perubahan pelayanan dari internal pajak kepada wajib pajak.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani ?ndrawati mengatakan rencana pembentukan core tax system sudah dibicarakan kepada Presiden Joko Widodo dalam Rapat Kabinet. Untuk itu, Presiden meminta pembahasan lanjutan yang lebih detail di tingkat Menko Perekonomian.

“Kita bahas bagaimana kita bisa membuat suatu peraturan perundang-undangan yang bisa menuangkan kebutuhan untuk membangun core tax system atau sistem administrasi perpajakan yang baik, yang bisa memenuhi perkembangan perubahan yang sekarang ini terjadi dan yang akan datang,” ujar Ani.

Lebih lanjut, adanya sistem ini akan mendukung pelaksanaan Automatic Exchange of Information (AEoI) untuk memperluas data perpajakan. Sistem ini juga akab meliputi registrasi, pengisian SPT, sampai pada pembayaran pajak, auditing, sampai pengembalian (repayment).

“Diharapkan ini bsia dilakukan secara segera karena sudah pernah dibahas dalam Sidang Kabinet, sehingga inisiatif itu sudah disampaikan kepada Bapak Presiden dan menteri-menteri terkait, inisiatif sudah dibuat draft-nya, jadi kita harap bisa selesai secepat mungkin, Oktober barangkali selesai,” tandas Ani.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: