RI Bakal Dibanjiri Impor Bila Barang Masuk Lewat Bandara Tanpa Pajak

RI Bakal Dibanjiri Impor Bila Barang Masuk Lewat Bandara Tanpa Pajak

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan memastikan, penerapan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) sebagai salah satu upaya pemerintah menjaga produk-produk luar negeri agar tidak membanjiri Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai, Robert Leonard Marbun saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

“Jadi perlindungan industri dalam negeri, dan juga fairness,” kata Robert.

Pemerintah mengenakan bea masuk dan pajak terhadap barang-barang impor penumpang sudah sesuai dengan PMK Nomor 188 Tahun 2010 tentang penumpang dikenakan bea masuk barang lantaran harganya di atas batasan harga yang dibebaskan biaya masuk. Di mana, batasan untuk individu sebesar US$ 250 per penumpang atau US$ 1.000 per keluarga.

“Contoh sepatu, padahal kan sepatu teman-teman di Garut, Jogja juga buat, kalau saya senang sepatu di Garut, dipakai nyaman, dan kulitnya bagus. Ya beli saja yang itu,” ungkap dia.

Meski demikian, Robert mengaku banyak tipikal masyarakat di Indonesia yang lebih memilih suatu barang bukan hanya kualitas, melainkan juga mereknya.

Pengenaan bea masuk dan pajak juga diterapkan jika suatu barang harganya melebihi batas harga yang telah ditetapkan dalam PMK 188/2010.

“Kalau tidak menegakkan aturan itu, inikan aturannya mengandung fiskal dan larangan pembatasan, kalau kita tidak ditegakkan itu bisa tidak memberikan perlindungan, misalnya barangnya tidak sesuai standar, kalau tidak ditegakkan maka perlindungan kepada masyarakat tidak jalan,” tukas dia.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: