BI Yakin Deflasi Bukan Disebabkan Pelemahan Daya Beli

Bank Indonesia (BI) meyakini jika indeks harga konsumen (IHK) yang mengalami deflasi bukan disebabkan oleh daya beli yang melemah. Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG), BI melihat perbaikan dari sisi konsumsi, investasi, maupun ekspor yang lebih baik.

“Kami juga lihat kalau Agustus kita perlu waspadai mungkin pertumbuhan ekonomi akan relatif tertekan tapi justru di September ini kami lihat kondisi pertumbuhan di kuartal lebih baik,” kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 29 September 2017.

Dirinya menambahkan, kondisi tersebut didukung oleh inflasi tahunan yang tetap terjaga dengan inflasi year on year (yoy) sebesar 3,82 persen di Agustus 2017. Kondisi tersebut masih sejalan dengan target inflasi empat plus minus satu persen.

Pada September 2017, BI memperkirakan terjadi deflasi 0,01 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan secara tahunan inflasi diprediksi berada pada level 3,6 persen yang artinya masih dalam rentang yang ditargetkan.

Dengan prediksi deflasi bulan ini, maka tiga bulan secara berturut-turut IHK akan mencatatkan deflasi. Sebelumya pada Juli 2017, deflasi tercatat sebesar 0,33 persen, sementara pada Agustus 2017 deflasi tercatat sebesar 0,07 persen.

Selain itu, BI juga menyambut baik kondisi neraca perdagangan yang mencatatkan surplus USD1,7 miliar. Bahkan akumulasi surplus neraca perdagangan Januari-Agustus 2017 dibandingkan periode yang sama tahun lalu naik dari USD5 miliar menjadi USD9 miliar.

“Itu adalah kondisi yang cukup baik sehingga secara umum kami lihat makroekonomi kita terjaga. Beberapa indikator menunjukan perbaikan, secara umun ini kondisi lebih baik dibanding beberapa bulan lalu,” jelas dia.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: