Daya Beli Lemah, Pemerintah Dongkrak UMP Menjadi Rp3,9 Juta

Menghadapi tahun 2018 nanti, Upah Minimum Provinsi diusulkan menjadi Rp 3,9 juta per bulan. Dengan kenaikan itu, diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan buruh, serta pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sedang lesu.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Advokasi dan Koordinator Relawan nasional KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia), M Ade Lukman Hakim. Ia mengatakan nilai itu berdasar hasil survei internal yang dilakukan pihaknya.

“Ada perhitungan sendiri dari kami. Melihat taraf hidup mulai dari biaya hidup dan lain-lain di jakarta,” tutur Ade.

Ade mengatakan dengan upah sebesar itu, selain akan memberikan kesejahteraan bagi buruh, akan membantu kondisi ekonomi indonesia. Sebab, menurutnya, Indonesia saat ini mengalami keterpurukan lantaran daya beli masyarakat yang rendah. Dengan adanya kenaikan gaji. Maka, daya beli akan meningkat kembali dan para pelaku usaha akan diuntungkan.

“Itu sisi positif, kalo uang kita rendah, kita hanya akan fokus bertahan hidup. Tapi kalo lebih kita akan belanja,”tandasnya.

Terpisah Waketum Umum Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang berharap UMR (upah minimum regional) DKI Jakarta tahun 2018 nanti ditentukan berdasarkan rumusan PP nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Termasuk survey KHL, ia meminta pekerja segera melakukan survey di lima pasar wilayah Jakarta dan sesuai harapan pekerja.

Rencanya, untuk survey nanti, pihaknya akan melakukan di beberapa titik, diantara pasar Blok A, pasar Koja, pasar Cengkareng, dan Jatinegara. Survey ini nantinya akan dilakukan oleh pekerja, pengusaha dan pemerintah.

“Kita bergerak melakukan survey sebagai reverensi gubernur. Ada 60 komponen penilaian, seperti pangan, sandang, papan. Nanti harga itu dirata rata kan hasilnya dibagi lima, dan diolah bersama Badan Pusat Statistik,” jelas Sarman.

Sarman menjabarkan, kini sejumlah buruh menuntut upah dki dari Rp 3,9 – 4,1 juta. Artinya kenaiakan Rp 600 ribu dari UMR DKI sebesar Rp 3,3 juta. Terkait permintaan itu, Sarman melihat cukup sulit, sebab industri dan ekonomi indonesia tengah menurun. Apalagi bila merujuk nilai sebesar itu, dinilainya akan cukup sulit.

“Malahan kalo dari sisi sekarang ada permintaan pekerjaan di kurangi,” tuturnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: