Pembeli Barang Online Jangan Takut Kena Pajak Tambahan

Konsumen barang yang dibeli melalui daring (online) atau e-commerce tidak perlu khawatir terkena pungutan pajak tambahan. Pasalnya, otoritas pajak tidak akan menarik pajak di luar ketentuan.

Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi memaparkan, pedagang online yang memiliki omzet di bawah Rp4,8 miliar per tahun tidak masuk dalam kategori Pengusaha Kena Pajak (PKP). Artinya, konsumen dari produk pedagang yang masuk kategori non PKP tidak perlu membayar PPN atas produk yang dibeli.

Jika penghasilan konsumen produk online ada di bawah batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), wajib pajak juga tidak perlu membayar pajak penghasilan (PPH). Sebagai catatan, batas PTKP yang ditetapkan pemerintah saat ini adalah Rp4,5 juta per bulan atau Rp54 juta per tahun.

“Jangan takut kalau yang melakukan transaksi online bahwa akan dikenakan pajak. Kalau memang penghasilan [konsumen barang online] di bawah PTKP, konsumen tidak akan kena pajak penghasilan” ujar Ken dalam konferensi pers di Gerdung Mar’ie Muhammad DJP, Jumat (27/10).

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Yon Arsal menambahkan, pembeda dari perdagangan secara online maupun luring (offline) hanya media saja. Namun, tarif pajak dan jenis pajak yang dikenakan sama. Selama ini, lanjut Yon, barang yang diperdagangkan oleh pelaku bisnis e-commerce yang memenuhi syarat PKP juga telah dipungut pajaknya.

“Jadi, jangan timbul persepsi dengan bergesernya offline ke online kami kehilangan potensi (penerimaan pajaknya) banyak sekali,” ujarnya.

Kendati demikian, pemerintah memang tengah mengkaji aturan main tata cara pemungutan pajak perdagangan online untuk memperjelas ketentuan yang ada.

Sumber : cnnindonesia.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: