Penerimaan PPN Tumbuh, Daya Beli Masih Ada

PERTUMBUHAN realisasi penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) hingga bulan September tumbuh 15% dibanding bulan sama di 2016. Ini pula yang membuat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yakin daya beli masyarakat tidak turun. Ditjen pajak menilai, yang terjadi hanlah perubahan pola dari transaksi ofline ke transaksi online.

Ditjen Pajak Ken Dwijugiasteadi mengatakan, kegiatan ekonomi dan transaksi yang meningkatkan pertumbuhan penerimaan PPN masih terjadi. Pajak perdagangan ritel naik yang mengindikasikan kenaikan daya beli. Peralihan transaksi ke platform online menepis banyaknya toko ritel yang tutup akibat penurunan daya beli masyarakat. “Dari segi daya beli berdasarkan perspektif perpajakan, melihat adanya shifting,” ujar Ken.

Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Yon Arsal menyebut, penerimaan PPN dalam negeri sampai September 2017 tercatat tumbuh 15% dibandingkan bulan yang sama tahun 2016. Sementara PPN impor tumbuh 20%, sehingga secara agregat, PPN masih tumbuh sekitar 16% year on year (YOY). Menurut Yon, daya beli masih tumbuh hingga 12,1%. Angka ini lebih tinggi 2,9% dibanding periode yang sama tahun lalu sampai triwulan tiga.

Ini tampak dari realisasi penerimaan pajak sampai dengan kuartal III-2017 per sektor. Dari data Ditjen Pajak, pajak sektor perdagangan tumbuh 18,74% menjadi Rp 134,74 triliun dibandingkan periode sama tahun lalu. Sedang industri mencatatkan kenaikan penerimaan pajak 16,63% dibandingkan periode sama tahun lalu menjadi Rp 224,95 triliun. Sementara dilihat dari sub sektornya, industri pengolahan tumbuh 10,7%, perdagangan besar dan eceran 12%, serta transportasi dan pergudangan tumbuh 16,6%. Karena itu Yon bilang, “Produksi dari sisi suplai dari sisi distribusi jalan, hanya terjadi shifting,” katanya.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: