Selama 5 Tahun Turun, Kemenkeu: Kita Ingin Tax Ratio Berbalik Arah

Pemerintah menyadari bahwa 5 tahun terakhir basis pajak mengalami penurunan. Oleh karenanya perlu dilakukan upaya untuk membuatnya kembali meningkat.

“Kita inginkan tax ratio kita kembali berbalik arah. Selama ini turun sudah 5 tahun terakhir. Kita bisa ketemu, belok dia dan mulai meningkat,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara dalam diskusi di Jakarta, Senin (30/10/2017).

Dia menyatakan bahwa peningkatan basis pajak perlu dilakukan. Sebab mau bagaimana pun pemerintah saat ini tengah menggenjot pembangunan yang mana salah satunya didanai dari penerimaan pajak.

“Kita butuh karena kebutuhan pembangunan. Kebutuhan pembangunan, bangun infrastruktur terus, kebutuhan memberikan perlindungan sosial, transfer ke daerah. Nah, ini sumbernya dari pajak kita,” paparnya.

Dirinya menjelaskan bahwa dalam 3-4 tahun ke depan kebutuhan belanja pemerintah untuk pembangunan diperkirakan mencapai 15%-16% dari produk domestik bruto (PDB). Dengan kata lain setidaknya penerimaan negara yang bersumber dari pajak bisa ditingkatkan mendekati angka tersebut.

“Sehingga, kita bisa membiayai pembangunan kita dari pajak yang kita kumpulkan. paparnya.

Pemerintah, lanjut dia, terus mereformasi sektor perpajakan. Tujuannya untuk meningkatkan penerimaan negara dari pajak, juga bea dan cukai. “Ini diharapkan tax ratio-nya bisa naik. Nah elemen adalah perbaikan human resources-nya, perbaikan di IT proses, perbaikan di bisnis proses pajaknya itu sendiri, dan perbaikan di peraturan-peraturan. Jadi, ada 4 elemen,” ungkapnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: