Peringkat Kemudahan Berbisnis Indonesia Naik ke Posisi 72, Masih Kalah dari Vietnam

https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 01 320 1806391 peringkat-kemudahan-berbisnis-indonesia-naik-ke-posisi-72-masih-kalah-dari-vietnam-JQ7POF0v0H.jpg

Indonesia patut bangga atas kenaikan peringkat kemudahan berbisnis atau Ease of Doing Businees (EODB) ke posisi 72 tahun 2018. Sebelumnya, pada peringkat EODB 2017 Indonesia masih menempati posisi ke 91.

Namun, sepertinya pemerintah harus bekerja lebih keras lagi untuk menarik minat investor menanamkan modalnya ke Indonesia. Pasalnya, dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN, Indonesia masih tertinggal. Bahkan, posisi Indonesia masih berada di bawah Vietnam yang berhasil menduduki posisi 68 peringkat EODB di antara negara Asia Timur dan Pasifik.

Operation Analyst Bank Dunia, Dorina Georgieva menjelaskan Indonesia telah berhasil melakukan beberapa reformasi pada indikator EODB.

“Indonesia telah melakukan reformasi EODB, yang kami cermati mulai dari indikator kemudahan mendapatkan sumber listrik, pendaftaran properti, hingga sistem perpajakan,” ujarnya melalui videoconference di Kantor Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rabu (1/11/2017).

Dari negara – negara di ASEAN, Indonesia masih berada di bawah Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Vietnam. Bahkan menurut catatan Bank Dunia, Dorina menyebut, Brunei Darussalam dan Thailand memimpin kenaikan negara dengan perbaikan EODB tertinggi di Asia Timur dan Pasifik.

“Brunei Darussalam dan Thailand, memimpin daftar 10 negara dengan perbaikan EODB tertinggi,” kata dia.

Brunei Darussalam dan Thailand memiliki delapan poin reformasi EODB, dengan nilai The Distance to Frontier (DTF) tertinggi, yakni 77,44 untuk Thailand dan 70,60 untuk Brunei Darussalam. Bank dunia menyoroti kemudahan membangun gedung, kemudahan kredit yang diberikan Brunei Darussalam.

Sementara Thailand, memberikan kemudahan memulai usaha sehingga para investor hanya membutuhkan 4,5 hari untuk mulai usaha di Bangkok, dibandingkan yang sebelumnya mencapai 27,5 hari.

Berikut adalah peringkat EODB negara ASEAN yang dihimpun dari data Bank Dunia:

Singapura menempati peringkat kedua EODB di antara negara-negara Asia Timur dan Pasifik.

Malaysia menempat ranking 24, tidak berjarak jauh dengan Thailand di posisi 26.

Brunei Darussalam menempati ranking 56 EODB.

Sedangkan Vietnam, berada empat peringkat di atas Indonesia yaitu di posisi 68.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: