Ekonom Kecewa dengan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Ekonom mengatakan kekecewaan terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia pada kuartal III-2017. Pertumbuhan itu dianggap di bawah ekspektasi mereka.

Ekonom dari Nomura Holdings inc yang berbasis di Singapura Brian Tan memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,5 persen pada paruh kedua tahun ini.

Dengan capaian pada kuartal I dan kuartal II serta ketiga yang di bawah 5,10 persen, estimasi mereka bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) akan mencapai 5,3 persen pada akhir 2017 tampak sulit jika tak ada perubahan signifikan dari belanja publik dan investasi.

“Kita kembali berharap bahwa perbaikan pada kuartal empat akan didorong dari pengeluaran belanja publik dan investasi,” kata Brian dikutip dari Bloomberg, Selasa 7 November 2017.

Ekonom Standard Chartered Plc Aldian Taloputra mengatakan bahwa lemahnya konsumsi swasta, meski diimbangi oleh investasi dan ekspor yang lebih kuat, meningkatkan prospek bahwa bank sentral dapat menurunkan suku bunga acuan lagi.

“Risiko pelonggaran lebih lanjut pada kuartal pertama tetap ada, semestinya inflasi terus rendah jika rupiah tetap stabil,” katanya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III-2017 mencapai 5,06 persen. Capaian ini dianggap cukup menggembirakan mengingat lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal I dan II di tahun ini yang hanya tumbuh 5,01 persen.

“Ekonomi Indonesia pada triwulan III tumbuh 5,06 persen. Tentu saja ini menggembirakan karena lebih tinggi dari triwulan I dan II. Kenaikan ini cukup signifikan,” kata Kepala BPS Suhariyanto.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pertumbuhan positif konsumsi pemerintah yang mengalami peningkatan di kuartal III sudah sesuai dengan prediksi. Dia bilang, pemerintah telah memperkirakan ada kenaikan di kuartal III dan IV, seperti pola yang terjadi pada setiap tahunnya.

“Dari sisi APBN memang akselerasi dari belanja sudah diprediksi di kuartal III dan IV,” kata dia.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat, laju pertumbuhan pengeluaran pemerintah di kuartal III 2017 sebesar 3,46 persen. Angka ini mengalami peningkatan dibanding kuartal sebelumnya yang tumbuh -1,93 persen dan juga periode yang sama tahun lalu sebesar -2,95 persen.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: