Pola Konsumsi Berubah, Jokowi Kembali Soroti Pelemahan Daya Beli

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti persoalan daya beli masyarakat yang selama beberapa waktu ke belakang dianggap melemah atau melambat. Pasalnya, beberapa toko ritel ternama sudah mulai menutup gerai mereka akibat pelemahan daya beli tersebut.

Jokowi mengatakan bahwa pola konsumsi masyarakat saat ini telah banyak berubah yang mana hal itu membuat seolah-olah daya beli masyarakat melemah. Padahal kata Jokowi yang terjadi kebanyakan dipengaruhi perubahan pola konsumsi.

“Kita enggak sadar sekarang memang banyak model bisnis baru sehingga pola konsumsi berubah,” kata Jokowi dalam acara pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI), di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Namun, dia tidak memungkiri bahwa terjadi pelemahan daya beli jika mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat konsumsi rumah tangga melambat pada kuartal III 2017 menjadi 4,93% dari 4,95% pada kuartal sebelumnya.

“Kalau lihat data saat itu konsumsi rumah tangga sekarang 4,93%. Ini lah profil yang ada, karena memang sekarang beda. Kita lihat ekonomi dunia dulu tumbuh sampai 5% sekarang 3 koma. China 12% sekarang 6 koma. Ini perbedaan yang harus kita pahami agar dalam ambil kebijakan kita tidak salah karena memang angkanya beda,” jelasnya.

Terkait perubahan pola konsumsi, Jokowi mengatakan bahwa saat ini masyarakat lebih gemar belanja hal-hal yang bersifat memberikan pengalaman semisal berwisata. Jadi konsumsi produk-produk fisik menurun. Ditambah kehadiran e-commerce juga berpengaruh.

“Dulu orang senang belanja ke mal, toko. Sekarang orang konsumsi dunia wisata, suka pelesiran. Shifting ini harus kita pahami bahwa ada perubahan, ada pergeseran juga offline ke online. ini perubahan yang mau tidak mau harus kita terima,” tandasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: