Defisit anggaran di akhir November lebih rendah

Defisit anggaran di akhir November lebih rendah

Tingginya realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) juga menjadi salah salah satu penyebab defisit defisit anggaran terkendali.

Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengatakan, defisit anggaran hingga akhir November berada di kisaran 2,22% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Angka itu lanjut dia, lebih kecil dibanding posisi akhir Oktober lalu yang sebesar 2,25% dari PDB.

“Defisitnya masih aman. Itu lebih kecil dibanding posisi Oktober,” kata Askolani, Kamis (30/11) lalu.

Dari sisi penerimaan negara, Askolani bilang pemerintah mengoptimalkan seluruh sumber pendapatan. Tak hanya penerimaan pajak, tetapi juga penerimaan bea dan cukai dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Askolani mengklaim, realisasi PNBP sampai akhir November mendekati target sehingga akhir tahun bisa melampaui target yang dipatok dalam APBN-P 2017 sebesar Rp 260,2 triliun. Hingga akhir Oktober, realisasi PNBP memang telah melampaui 90% dari target, yaitu Rp 244,3 triliun atau 93,9% dari target.

Sementara itu, realisasi penerimaan pajak yang dicatatkan Ditjen Pajak Kemenkeu hingga akhir November 2017 sekitar Rp 988,4 triliun atau 77% dari target dalam APBN-P 2017.

Sementara realisasi belanja, “Tidak ditahan, melainkan berbasis output,” tambah Askolani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis, defisit anggaran sampai akhir tahun akan berada pada lebel 2,7% dari PDB, sesuai prognosa pemerintah yang sebesar 2,67% dari PDB.

Dari sisi penerimaan, pihakya akan menjaga penerimaan yang telah ditetapkan, khususnya penerimaan pajak dari upaya ekstensifikasi dari data yang telah diperoleh.

Sementara dari sisi belanja, pihaknya akan mengidentifikasi belanja-belanja yang betul-betul dibelanjakan. Misalnya, belanja-belanja yang sudah ada kontraknya.

“Kami masih akan menghitung dalam minggu-minggu depan lagi sehingga angka persisnya dapat diperoleh yang tidak akan mengagetkan para dunia usaha. Kami tetap sesuai prediksi mengumpulkan penerimaan perpajakan dan jumlah defisitnya deviasainya tidak terlalu besar,” kata Sri Mulyani.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: