Saran untuk Robert Pakpahan, Bayar Pajak Bisa Dicicil?

https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 02 20 1824119 saran-untuk-robert-pakpahan-bayar-pajak-bisa-dicicil-g4nuIQWoC5.jpg

Pekerjaan Rumah (PR) Direktur Jenderal Pajak yang baru Robert Pakpahan cukup berat dalam mengumpulkan penerimaan pajak. Apalagi, dalam 1 bulan ke depan, harus mengumpulkan penerimaan pajak Rp1.283,6 triliun.

Target penerimaan pajak 2017 dinilai tak bisa direalisasikan Robert Pakpahan. Untuk itu, Pengamat Perpajakan dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Roni Bako menyarankan Robert Pakpahan agar target pajak bisa tercapai pada tahun 2018.

Menurutnya, perlu ada terobosan baru dalam kebijakan pajak yakni memberi ruang keringanan membayar pajak pada wajib pajak dengan jumlah pajak yang besar.

“Salah satu kenapa orang enggak bayar pajak itu kan misal ketika orang itu punya pajak Rp50 juta atau Rp100 juta itukan harus dibayar cash (langsung total keseluruhan pajak),” jelas Roni kepada Okezone.

Dengan demikian, jika membayar pajak bisa dicicil, maka bisa menjadi terobosan yang baru agar target bisa tercapai. Tercatat, target penerimaan perpajakan tahun 2018 mencapai Rp 1.609,4 triliun atau tumbuh 9,3% dari targetnya dalam APBN-P tahun 2017.

“Mungkin bisa dibuka ruang target pajak misal dicicil 2x atau 3x, boleh enggak pajak itu dicicil? Saya rasa itu sebuah terobosan buat saya,” ujarnya.

Sebelumnya, Roni menyatakan, ada pekerjaan rumah yang sulit yang harus dikerjakan oleh Robert. Pasalnya dalam 1 bulan Robert harus mengejar capaian penerimaan pajak 2017 sebesar Rp1.283,6 triliun. Hingga akhir November penerimaan pajak sendiri sudah mencapai 78%.

Menurut Roni pencapaian 100% adalah hal yang tak mungkin dapat dikerjakan Robert dalam 1 bulan ke depan.

“Kalau PR Pak Robert sekarang bagaimana mengejar target itu (pajak) dalam 1 bulan ini, dan itu kayaknya dia enggak bisa apa-apa, karenakan dia tinggal melanjutkan,” ujarnya

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: