LAJU SEKTOR RITEL BERHARAP PADA MASYARAKAT MENENGAH KE ATAS

Pengusaha mengafirmasi adanya pelemahan daya beli, namun penurunan daya beli hanya melanda masyarakat menengah ke bawah. Sedangkan kondisi daya beli masyarakat menengah ke atas masih cukup baik.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengatakan, bila merujuk kepada kondisi tersebut, maka kekuatan daya beli masyarakat golongan menengah ke atas dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan sektor ritel tahun depan.

“Jadi kalau tahun depan ini ada presepsi yang positif kita harapkan dari belanja menengah atas akan meningkat sehingga ini akan menggerakan ritel secara keseluruhan,” ujarnya di Kantor Pusat Apindo, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Namun secara umum, jika tidak ada upaya dari pemerintah untuk menggerakkan konsumsi masyarakat menengah ke bawah, maka trennya cenderung melemah. Dia merujuk hasil riset Nielson yang mencatat tren pelemahan pertumbuhan daya beli, dari sebelum lebaran sebesar 3,7% lalu menurun menjadi sekitar 2,5% pada kuartal III-2017.

Oleh karena itu, dia menilai salah satu upaya yang bisa diusahakan oleh pemerintah untuk mendorong daya beli masyarakat menengah ke bawah adalah melalui efisiensi alokasi dana desa. Program dana desa, diharapkan menjadi solusi di tengah tergerusnya sektor kerja formal untuk membangkitkan daya beli masyarakat menengah ke bawah.

“Jadi untuk penciptaan lapangan kerja walau pun mungkin yang formal trennya menyusut, informal ini harusnya juga program-programnya melalui dana desa, dan sebagainya sebetulnya kalau dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak positif,” tukas dia.

Sekadar informasi, dana desa yang telah digelontorkan selama tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo mencapai sebesar Rp127 triliun. Untuk tahun depan, dana desa dianggarkan sebesar Rp60 triliun. Guna mendorong daya beli, pemerintah berencana mulai tahun depan 30% dari dana desa yang disalurkan kepada masyarakat desa, akan dialokasikan untuk upah tenaga kerja.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: