Tak Lagi Kertas, OJK Minta Industri Kelola Arsip Secara Digital

https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 05 320 1825323 tak-lagi-kertas-ojk-minta-industri-kelola-arsip-secara-digital-sSgpkLRIls.jpg

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong industri untuk mendigitalisasi arsip dokumen yang berkaitan dengan pengoperasian perusahaan guna menciptakan transparansi dan akuntabilitas.

“Salah satu wujudunya adalah ketersediaan arsip semua dokumen dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan perusahaan, pelayanan publik. Itu semua harus diarsipkan dengan baik, dan untuk mengarsipkan ini merupakan salah satu upaya bentuk untuk mendeteksi atau mencegah terjadinya korupsi,” kata Deputi Komisioner Menejemen Strategis dan Logistik Anto Prabowo di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Menurutnya, dengan pengarsipan yang baik maka semua dokumen dapat tertata dengan baik. Jika sudah demikian, diharap perusahaan bisa lebih transapran dan akuntabel, sehingga akan mudah mendapatkan kepercayaan dari para pihak.

Namun dia melihat ada tantangan yang mesti dihadapi dalam mendorong pengarsipan dokumen ke arah digital. Tantangan pertama terkait dengan pola pikir manusianya.

“Masalah mindset bagaimana arsip ini tidak hanya dipandang sebagai dokumen yang sudah dilaksanakan terus ditinggalkan tapi ini harus di tatausahakan, harus dilacak, dan terlebih dalam era tantangan bagaimana mendigitalisasi arsip untuk bisa lebih efisien sehingga mudah melacak,” ujarnya.

Dengan pengelolaan arsip secara digital juga tidak dibutuhkan dokumen yang bertumpuk-tumpuk. Dengan begitu tidak dibutuhkan tempat penyimpanan yang luas, maka efisiensi bisa lebih ditingkatkan.

“Dengan digital ini bisa lebih efisien, kemudian bisa lebih mudah melacak sehingga sewaktu-waktu arsip dibutuhkan untuk apapun kepentingan bisa mudah dicari,” jelasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: