Tarif Tol Dalam Kota Naik, Mesin E-Toll Juga Harus Diperbaiki

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan menaikkan tarif tol dalam kota naik mulai 8 Desember 2017 pukul 00.00 WIB. Kenaikan tersebut, dilakukan berdasarkan inflasi. Meski demikian, ada beberapa faktor yang juga menjadi perhatian sebelum kenaikan tarif tol, salah satunya adalah mesin e-toll.

Penerapan e-toll di kota-kota besar dianggap sudah cukup efisien dan berjalan dengan baik. Hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan dalam mesin tap tersebut. Harga mesin tap tersebut dianggap tidak terlalu mahal, tidak seberapa dengan pembangunan jalan tol sendiri.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, kucuran dana untuk invest e-toll tidak terlalu besar. Oleh karena itu, dana untuk maintenance pun tidak besar.

“Masalah mesin yang lambat merespon itu merupakan bagian dari monitoring,” ujar Herry kepada Okezone di Jakarta.

Menurutnya, terdapat dua faktor dari susahnya tapping sebelum masuk jalan tol, yaitu kartu yang bermasalah dan reader yang bermasalah. “Reader bermasalah bisa saja karena mesinnya yang lelah, dan harus di periksa secara berkala,” tambah dia.

Selain itu, pengelola tol dinilai harus lebih meningkatkan kualitas mesin pembaca e-toll, karena sering terkendala oleh faktor respons yang lambat dari mesin pembaca. Sehingga, transaksi menjadi lebih lama dan menimbulkan antrean panjang di area masuk jalan tol.

Kenaikan tarif yang diberlakukan merupakan Keputusan Menteri PUPR No. 973/KPTS/M/2017 dan juga didasarkan pada UU No.38 Tahun 2004 bahwa penyesuaian tarif rutin dijalankan setiap 2 tahun sekali, berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: