Cukai Cairan Rokok Elektrik Dipungut Tengah Tahun Ini

Jakarta. Kementerian Keuangan (Kemkeu) memastikan pengenaan cukai pada likuid rokok elektrik (vape) atau sigaret sebesar 57% akan dilakukan tahun ini. Rencananya Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kemkeu akan merilis Peraturan Dirjen (Perdirjen) cukai vape tembakau dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kemkeu Heru Pambudi menjelaskan, Perdirjen akan terbitkan pertengahan Januari 2018. Aturan itu akan berlaku efektif setelah lima hingga enam bulan pasca dikeluarkan. “Masyarakat punya waktu lima sampai enam bulan untuk mempersiapkannya baik dari sisi bisnis maupun administrasi (Tarif) cukainya 57%” kata Heru, Senin (7/1).

Perdirjen tersebut akan mengatur mengenai cara pemungutan dan tata laksana pemungutan cukai jika likuid tersebut diimpor atau diproduksi dari dalam negeri. Termasuk juga mengatur terkait administrasi dan formulir hingga mekasnisme pembayaran. Heru memastikan, pengenaan likuid vape hanya dikenakan untuk produk yang mengandung tembakau, di luar itu bukan merupakan objek cukai. “(Pengawasannya) sama kayak rokok. Kami punya lab yang siap menindaklanjuti aturan itu,” tambah Heru.

Soal potensinya, Heru masih belum memastikan. Yang pasti Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) mencatat hingga tahun lalu setidaknya ada 5.000 toko penjual vape di Indonesia.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: