Pelaksanaan e-Faktur Ditunda ke April

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memutuskan untuk menunda pelaksanaan Perdirjen No. 31 Tahun 2017 mengenai aturan bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam faktur pajak elektronik (e-faktur). Kebijakan ini baru dijalankan pada 1 April 2018, dari rencana sebelumnya pada Desember 2017.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan, pelaksanaan aturan ini ditunda karena ada pihak yang belum siap dengan aturan ini. Ia mengatakan peraturan ini dibuat untuk memberi perlakuan yang sama kepada masyarakat yang sudah taat dan yang belum melaksanakan aturan pajak.

“Pembeli datang ke pabrik mau beli barang jumlah besar tetapi tidak punya NPWP. Ini menimbulkan treatment yang tidak adil,” ujar Yoga, di Kantor DJP Jakarta, akhir pekan lalu.

Pihak DJP melihat pembeli pribadi yang bertransaksi dengan PKP dalam jumlah besar, namun kerap mengaku belum memiliki NPWP. Dalam hal ini yaitu pembeli bahan baku dalam jumlah besar. Ada juga pembeli yang membeli langsung di pabrik dengan jumlah besar.

Ia mengatakan, dalam e-faktur ada kewajiban PKP harus memasukkan NPWP namun bila tidak memilikinya pembeli bisa memasukaan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Hal ini dilakukan agar DJP bisa memantau pihak pembeli serta bisa melakukan ekstensifikasi pajak.

Dengan adanya pemantauan ini ada perlakuan yang sama antara pembeli yang patuh dan yang tidak masuk sistem. “Hal ini dilakukan supaya ada equal treatment antara pembeli yang patuh dan yang tidak memasukan data NPWP,” ujar Yoga.

Peraturan ini tidak diwajibkan bagi pedagang eceran karena akan berjalan dengan tidak optimal. Ia memberi contoh, jika hanya membeli sejumlah barang di minimarket harus menyebutkan NPWP atau NIK setiap kali bertransaksi. Ia berharap masyarakat sudah siap dengan pemberlakuan peraturan ini, sejak April.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: