DJP: Wajib Pajak Tidak Perlu Takut

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyatakan, wajib pajak tidak perlu takut, meski target penerimaan pajak tahun ini dinaikkan dari realisasi tahun lalu Rp 1.147,6 triliun menjadi Rp 1.424 triliun. Pemeriksaan hanya dilakukan dengan berpedoman pada data yang valid dan tidak menyasar WP yang sudah patuh.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Dirjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan, pihaknya menjamin wajib pajak (WP) tetap merasa nyaman meski DJP diberi target penerimaan pajak yang tinggi pada tahun ini.

DJP akan memperbaiki proses pengawasan, pemeriksaan, dan penegakan hukum, berdasarkan analisis dan basis data yang baik. Dengan demikian, tindakan-tindakan yang dilakukan terarah kepada WP yang tidak patuh dan tidak mengganggu WP yang sudah patuh.

“Kita juga tingkatkan komunikasi dan edukasi yang lebih baik lagi kepada masyarakat, sehingga apabila masyarakat dapat dan sudah melaksanakan kewajibannya dengan baik, tidak perlu ada kekhawatiran atau ketakutan lagi,” kata Hestu kepadaInvestor Daily di Jakarta, Selasa (9/1).

Hestu Yoga menyebutkan, wajib pajak tidak perlu takut mesti target tinggi, karena rasio pajak terhadap produk domestik bruto atau tax ratio di Indonesia masih rendah. Artinya, masih ada ruang untuk menggenjot penerimaan pajak.

Pernyataan Hestu tersebut menanggapi penegasan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bahwa fiskus atau aparat pajak tidak diperkenankan mengejar-ngejar dan menakut-nakuti wajib pajak (WP). Setiap WP harus membayar pajak sesuai kewajibannya. Namun, fiskus tidak dibenarkan membuat WP tidak nyaman dalam upaya memenuhi kewajibannya.

“Saya akan melarang petugas pajak mengada-ada. Kami akan rapikan cara kerja aparat pajak,” ujar Menkeu dalam dialog dengan para pelaku usaha, ekonom, dan pemimpin redaksi media massa di Kantor Depkeu, Jakarta, Senin (8/1)

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: