Ditjen Pajak targetkan pembayaran pajak sukarela 90% tahun ini

Ditjen Pajak targetkan pembayaran pajak sukarela 90% tahun ini

Sepanjang tahun 2017, pemerintah mencatat total penerimaan pajak sepanjang tahun sebesar Rp 1.339,8 triliun. Angka ini mencapai 91% dari target APBN-P 2017 yang sebesar Rp 1.450,9 triliun.

Dirjen Pajak Robert Pakpahan mengatakan, dari hasil tersebut, hasil dari upaya ekstra atau extra effort yang dilakukan oleh Ditjen Pajak hanya 15% dari total keseluruhan penerimaan.

Ia mengharapkan angka ini akan terus mengecil. “Dalam penerimaan pajak, yangvoluntary payment 85%. 15% dari Surat Ketetapan Pajak (SKP) dan ditagih. Jadi bukan voluntary,” kata Robert di Jakarta, Kamis (1/2).

Menurut Robert, seharusnya pembayaran pajak yang dilakukan lewat pendekatan yang keras porsinya hanya sedikit. Dengan demikian, hal ini akan dilakukan oleh Ditjen Pajak pada tahun ini. “Semoga kami bisa tingkatkan jadi 90% pembayaran pajak yang voluntary,” ucap dia.

Robert menambahkan, secara teoritis, pembayaran pajak yang sifatnya sukarela lebih mudah untuk diprediksi. Sementara itu, pembayaran pajak yang sifatnya keras lebih unpredictable.

Adapun tahun ini, kata Robert, pihaknya ingin berada di tengah-tengah antara meningkatkan pelayanan dan memberikan enforcement. “Lebih meningkatkan pelayanan sebenarnya secara teoritis lebih bisa menambah penerimaan. Tidak sebanyak kalau enforcement yang ditingkatkan,” kata dia.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: