Ini Ancaman Sandiaga Uno untuk Penunggak Pajak Mobil Mewah

https: img.okeinfo.net content 2018 02 03 338 1854141 ini-ancaman-sandiaga-uno-untuk-penunggak-pajak-mobil-mewah-2pbzBhbC3p.jpg

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno merasa geram dengan para pemilik mobil mewah di Jakarta yang malas membayar pajak kendaraannya. Ia mengaku akan membuka identitas pemilik mobil bila mereka tak juga membayar pajak.

“Tapi kalau misalnya sampai sekarang ada yang membandel terus, sudah diingatkan berkali-kali. Saran dari beberapa lembaga yang bekerja sama dengan kita adalah diumumkan,” kata Sandi di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018) malam.

Pemprov DKI, lanjut dia, akan terus mengingatkan mereka agar taat membayar pajak. Sebab, pihaknya tak ingin target penerimaan pajak DKI menurun di Tahun 2018. Menurutnya, sebagian kasus penunggak pajak terjadi karena tidak sengaja.

“Teman-teman yang selama ini punya mobil-mobil mewah yang mungkin tidak sengaja, atau mungkin bercecer,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya akan mengupayakan sebuah tindakan persuasif kepada mereka, dengan cara memberikan peringatan terlebih dahulu. Kata dia, pihaknya akan melindungi data diri mereka karena itu mematuhi peraturan perundangan yang berlaku.

“Tapi kita ingin meningkatkan kepatuhannya. Karena mereka menggunakan fasilitas di Pemprov DKI, yaitu jalan. Tentunya kita juga ingin meningkatkan revenue kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mendesak seluruh pemilik mobil mewah yang ada di ibu kota negara itu agar segera menunaikan kewajiban pembayaran pajaknya.

Berdasarkan data dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, ada sebanyak 2.935 unit kendaraan bermotor roda empat yang aktif di Jakarta. Hingga 31 Desember 2017, sebanyak 1.052.000 kendaraan di antaranya belum membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Anies menuturkan dari total lebih dari satu juta mobil yang belum membayar pajak itu, sebanyak 1.293 kendaraan di antaranya tergolong sebagai objek pajak berupa mobil mewah. Dari seluruh mobil mewah yang menunggak pajak itu, sebanyak 744 kendaraan diantaranya terdaftar atas nama pribadi dengan total tunggakan mencapai Rp 26,1 miliar. Sedangkan 549 kendaraan lainnya terdaftar atas nama badan usaha dengan total tunggakan sebesar Rp 18,8 miliar.

Anies juga telah merilis seluruh nomor polisi (nopol) beserta jenis mobil mewah yang belum melunasi pajak. Nopol dan jenis kendaraan itu diunggah pada laman situs resmi milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: