Belum Ada Kesepakatan Harga DMO Batu Bara untuk Listrik

Belum Ada Kesepakatan Harga DMO Batu Bara untuk Listrik

Pengusaha batu bara menilai tidak mudah menentukan harga batu bara alokasi domestik atau domestic market obligation (DMO) untuk listrik. Pasalnya, setelah melakukan pertemuan dengan pemerintah dalam hal ini Kementereian ESDM dan pihak PT PLN (Persero) belum ada keputusan spesifik mengenai harga batu bara spesial untuk listrik itu.

“Belum, kita tadi Pak Menteri ESDM (Ignasius Jonan) memberikan arahan. Intinya, positif dalam arti kata kita semua ingin mencarikan solusi lah. Cuman memang kan, faktor-faktornya tidak mudah ya,” ungkap Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin, 5 Februari 2018.

Pria yang kerap disapa Boy Thohir itu menyebutkan banyak komponen yang menjadi pertimbangan pengusaha batu bara dalam menentukan harga batu bara DMO untuk listrik. Ia menyebut, komponen itu diantaranya adalah komponen royalti, pajak, dan bagian daerah.

“Ini lagi dicari titik temunya, komponen banyak,” ungkap dia.

Boy menyebut dari total produksi batu bara sebanyak 25 persen dipasok untuk memenuhi kebutuhan domestik. Sebanyak 23 persen dipasok untuk PLN dan sisanya untuk kebutuhan semen dan industri.

Sementara itu, Direktur Eksekutif  Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia menambahkan, mengenai harga DMO batu bara untuk listrik itu tidak bisa ditentukan dalam waktu singkat. Perlu pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk membahas lebih dalam.

“Jadi tadi berdasarkan arahan Pak Menteri nanti kita kembangkan ke internal dan juga masukan dari PLN juga,” pungkas Hendra.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: