Ekonomi diyakini bisa tumbuh 5,6%, IMF soroti kekurangan pajak

Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan bahwa dalam jangka menengah, pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia akan meningkat secara bertahap menjadi sekitar 5,6%.

Dalam rilisnya yang dikutip Kontan.co.id, Rabu (7/2), hal ini didasari oleh permintaan domestik yang kuat. Sebab, inflasi pangan dan administered pricesbisa terjaga dengan baik sehingga tingkat inflasi bisa dijaga di level 3,5% tahun ini.

Namun, IMF memperingatkan agar Indonesia lebih fokus terhadap risiko yang ada, yakni volatilitas keuangan global, ketidakpastian seputar kebijakan ekonomi AS, pertumbuhan yang lebih rendah di China, dan ketegangan geopolitik. “Sementara, risiko domestik termasuk kekurangan pajak dan kebutuhan pembiayaan fiskal yang lebih besar karena suku bunga yang lebih tinggi,” tulis IMF.

Oleh karena itu, penyesuaian fiskal pada tahun 2018 harus dilakukan secara bertahap untuk melindungi pertumbuhan dan membangun kembali penyangga fiskal.

Sementara itu, defisit neraca berjalan Indonesia diperkirakan akan tetap mendekati 2% dari produk domestik bruto (PDB) menyusul kenaikan harga komoditas dan ekspor yang kuat. IMF juga memproyeksikan tingkat pertumbuhan PDB Indonesia pada 2018 mencapai 5,3%, lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 5,1%.

Dewan direksi IMF mengatakan bahwa mereka menyambut baik kemajuan Indonesia dalam meningkatkan investasi infrastruktur, tetapi  pembiayaan yang tersedia harus lebih beragam .

“Prioritas harus diberikan kepada pembiayaan infrastruktur yang menggunakan pendapatan dalam negeri serta partisipasi sektor swasta yang lebih besar, termasuk investasi asing langsung. Ini akan membatasi penumpukan utang eksternal perusahaan dan kewajiban tambahan dari BUMN,” tulis dewan IMF dalam laporannya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: