Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik, Ini Rekam Jejak Sri Mulyani

Memasuki usia 55 tahun 5 bulan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terus berupaya menggenjot kinerja lembaga yang ia pimpin. Jejak rekamnya tak berkutat di dalam negeri saja, tapi juga terlihat di kancah dunia internasional.

Salah satu cara Sri Mulyani mendorong  direktorat jenderal kementeriannya mencapai target penerimaan pajak juga tergolong unik. Tahun lalu ia berseloroh akan membagikan hadiah pizza ke masing-masing kantor pelayanan pajak (KPP) yang mencapai target.

Sepanjang 2017, penerimaan pajak mencapai Rp 1.339,8 triliun atau 91 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017. Meski belum mencapai targetk tapi ada peningkatan yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 83,5 persen di APBN-P 2016.

Sri Mulyani lalu memenuhi janjinya untuk memberikan hadiah pizza bagi pegawai di 66 KKP dari 341 KPP di seluruh Indonesia yang berhasil mencapai target 100 persen. Pizza kemudian dikirimkan Sri kepada 66 KPP tersebut, melalui Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan.

Cara ini hanyalah satu diantara banyak inovasi dan kerja yang dilakukan Sri Mulyani selama menjadi Menteri Keuangan. Februari 2018, Sri Mulyani pun dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) dalam World Government Summit, yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Penghargaan ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada seorang menteri dari semua negara di dunia setiap tahun dan mulai diberikan pada 2016.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya sebagai penerima pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut. “Ini juga merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah Indonesia di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi,” kata Sri, diunggah melalui akun instagramnya, Dubai, Uni Emitar Arab, Ahad, 11 Februari 2018.

Bukan kali ini saja Sri memperoleh penghargaan prestisius di tingkat internasional. Tahun 2006, Ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia oleh Emerging Markets Forum. Penghargaan ini diserahkan dalam Sidang Tahunan Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) di Singapura. Selain itu pada tahun yang sama, penghargaan serupa juga diberikan oleh majalah Euromoney kepada Sri.

Dua tahun berturut-turut setelah itu, Sri kembali mendapat sejumlah penghargaan. Ia menjadi wanita perngaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia tahun 2007 dan wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008.

Usai dinobatkan sebagai menteri terbaik dalam World Government Summit, Sri Mulyani lagi-lagi mendedikasikan penghargaan tersebut kepada para pembantunya, pegawai Kementerian Keuangan. “Untuk 78 ribu jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan intergritas dan komitmen tinggi” katanya.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: