Kemtan Menjajaki Peluang Impor Sapi Indukan dari Brasil

JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kemtan) berencana mengimpor sapi indukan sebanyak 15.000 ekor pada tahun ini. Agar target ini dapat tercapai, Kemtan tengah menjajaki peluang impor sapi indukan dari berbagai negara, salah satunya Brasil

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kemtan) I Ketut Diarmita mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan Pemerintah Brasil untuk membicarakan penjajakan peluang impor sapi indukan tersebut. Selain impor, pemerintah juga mempelajari sistem peternakan sapi di Brasil,” ujar I Ketut Diarmita kepada KONTAN, Selasa (13/2).

Menurut Ketut, pemerintah tertarik mempelajari sistem peternakan di Brasil karena negara ini sukses mengembangkan populasi sapi. Brasil memiliki populasi sapi sebanyak 14 juta ekor. Oleh karena itu, Brasil termasuk salah satu negara produsen sapi terbesar dunia.

Dia menjelaskan, Brasil berhasil memiliki populasi sapi yang besar lantaran memiliki sistem pemeliharaan sapi yang efisien. Sistem pemeliharaan ini juga membuat harga daging sapi disana mereka dapat lebih murah.

Populasi sapi sekarang hanya mampu memenuhi sekitar 55% dari kebutuhan.

Selain Brasil, Kemtan masih mambuka peluang impor sapi indukan dari Australia dan Meksiko. Karena dari kedua negara ini, pemerintah sudah melakukan importasi sapi sebelumnya. Namun agar bisa mendapatkan harga yang kompetitif, pemerintah berharap tidak tergantung pada satu negara tertentu saja.

Ketua Perhimpunan Peternakan (PPSKI) Teguh Boediyana mengatakan, target importasi sapi indukan sebanyak 15.000 ekor tahun dirasa masih sangat kecil. Jika target tidak tercapai maka bisa berdampak pada peningkatan pemotongan sapi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan daging sapi. “Padahal populasi sapi sekarang hanya mampu memenuhi sekitar 55% dari kebutuhan,” ujar Teguh.

Indonesia membutuhkan populasi sapi dua kali lipat dari populasi saat ini yang diperkirakan sekitar 12,36 juta ekor. Untuk menghindari terus menyusut, PPSKI mendesak pemerintah membatasi pemotongan sapi betina produktif. Salah satu caranya dengan memperbesar jumlah impor sapi indukan agar swasembada bisa tercapai.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: