Rizal Ramli: Anak SD Saja Tahu Kapan Impor Beras

Rizal Ramli: Anak SD Saja Tahu Kapan Impor Beras

Tokoh nasional Dr. Rizal Ramli meminta pemerintah untuk lebih memperhatikan petani. Kata RR sapaan akrab ekonom senior ini, impor beras justu semakin menyengsarakan petani.

“Jangan jadi raja tega gitu loh,” ujar RR saat panen padi bersama kelompok petani di Desa Penggalang, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (13/2).

Sebenarnya, lanjut RR, dia tidak keberatan dengan impor, dengan beberapa alasan. Saat musim paceklik, dimana para petani gagal memanen hasil tanam padinya. Atau jika terjadi badai Elnino yang terjadi 5 sampai 7 tahun itu. Dan jika terjadi gelombang panas yang berdampak besar terhadap produk pertanian.

Fenomena El Nino menyebabkan curah hujan di sebagian wilayah Tanah Air berkurang. Tingkat berkurangnya curah hujan ini sangat bergantung dari intensitas El Nino tersebut. Saat curah hujan berkurang, kekeringan pun datang. Sungai-sungai akan surut airnya, sedangkan pepohonan akan mulai meranggas.

“Kalau perlu banget, saya juga enggak keberatan impor, tapi diaturlah timing-nya. Pas paceklik baru impor, atau kalau ada badai El Nino baru butuh impor. Anak SD juga ngerti, masa menterinya harus diajarin anak SD,” terang RR.

Ditambahkan Menko Prekonomian era Presiden Gus Dur ini, jika irigasi persawahan dapat ditata dengan baik, maka Indonesia bisa panen padi sebanyak tiga kali dalam setahun. Karena memiliki sinar matahari dan sumber air yang berlimpah.

“Saya minta Mentan, bangun sawah baru dua juta hektar, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan sebagian Sumatera. Di negara lain, kalau enggak ada beras, pemerintah nya bisa jatuh,” demikian RR.

Sumber : rmol.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: