Ditjen Pajak Godok Aturan Pengenaan Pajak Jualan Lewat Media Sosial

Ditjen Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sepertinya tengah mengejar target penerimaan pajak. Salah satunya, melalui pengenaan pajak untuk transaksi perdagangan digital atau e-commerce. Dalam hal ini bukan melalui situs website sebagai pasar, namun sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menyampaikan, pihaknya saat ini tengah menggodok aturan tersebut.

“Sekarang kan yang terkait dengan market place, kita matangkan dulu di situ. Tapi bukan berarti medsos atau channel yang lain mereka enggak punya kewajiban pajak, mereka tetap harus bayar pajak,” ujarnya saat ditemui di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (19/2).

Dalam hal ini, pelaku pasar yang merupakan pedagang dalam transaksi online di sosial media nantinya tetap harus melaporkan penghasilannya dalam SPT. Sehingga, hal itu akan masuk pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan Pajak Penghasilan (PPh) seperti marketplace.

“Yang masalah kan mereka meng-address masalah medsos, ada channel lain. Memang tidak mungkin kita selesaikan semuanya, yang sekarang kan yang terkait dengan marketplace, kita matangkan dulu di situ,” tuturnya.

Namun sayangnya, pihaknya belum dapat membeberkan kapan kebijakan tersebut dapat diberlakukan. Mengingat sejauh ini pihaknya masih mematangkan kebijakan dengan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Ditjen Bea dan Cukai mengenai penyelarasan sistem dengan Ditjen Pajak.

“Nanti kita lihat sedang dimatangkan semuanya,” pungkasnya.

Sumber : jawapos.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: